dr Didi Kusmarjadi SpOG, Kadinkes Kota Batam

Keprisatu.com – Meskipun masyarakat Batam telah di vaksin Covid-19 tetap menggunakan swab antigen kalau ingin berpergian keluar daerah. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kita Batam, Didi Kusmarjadi, Senin (8/3/2021).

“Harus tetap swab antigen, belum ada kebijakan untuk tidak swab,” kata Didi, Senin (8/3/2021).

Dengan masih diberlakukannya aturan ini, menurutnya juga sebagai salah satu upaya dalam mencegah penyebaran virus dari pendatang, maupun warga Batam, Kepulauan Riau yang kembali dari luar kota.

Upaya menekan angka pertumbuhan Covid-19, juga dibuktikan dengan penurunan kasus Covid-19 di Kota Batam beberapa hari terakhir.

Sehingga, pihaknya sejauh ini fokus untuk penanganan penyembuhan pasien Covid-19 Kota Batam.  “Kalau dengan swab antigen dia lebih akurat. Sehingga bisa terdetect sejak awal,” katanya.

Seperti diketahui, kasus Covid-19 di Batam kini mencapai 5895 kasus hingga Rabu (3/3/2021) lalu.  Dari total kasus ini, sebanyak 5672 kasus di antaranya telah sembuh dari Covid-19, sedangkan pasien meninggal ada 152 kasus.

Saat ini, jumlah pasien dirawat ada sebanyak 71 kasus aktif. Di tanggal yang sama, terdapat penambahan 3 kasus baru di Kota Batam, seluruhnya adalah pasien kasus tanpa gejala.

“Tingkat kesembuhan kasus sekarang mencapai 96,2 persen, sedangkan tingkat kasus aktif 1,2 persen. Sementara itu tingkat kematiannya 2,5 persen,” jelasnya. Pemerintah beserta Satgas Covid-19 Kota Batam masih terus memeriksa sampel PCR test yang saat ini telah berjumlah total 26366 sampel diperiksa.

Dari sampel ini, sebanyak 20412 sampel dinyatakan negatif dan 59 lainnya on proses.

Di minggu pertama bulan Maret 2021, penambahan kasus Covid-19 pun mencapai 14 kasus.  Jumlah pasien terbanyak dirawat di RSKI Covid-19 Galang sebanyak 41 pasien, RS Awal Bros 12 pasien, RS Elisabeth Batam Kota 5 pasien dan RS Elisabeth Lubuk Baja 5 pasien.

Dengan adanya penambahan kasus ini, kecamatan Mainland masih didominasi zona kuning.  Di antaranya, Kecamatan Bengkong 4 kasus, Kecamatan Lubuk Baja 8 kasus, Kecamatan Nongsa 5 kasus, dan Kecamatan Sei Beduk 3 kasus.

Kecamatan Sagulung 8 kasus, Kecamatan Batu Aji 7 kasus, Kecamatan Sekupang 4 kasus, dan Kecamatan Batu Ampar dengan 4 kasus. Sementara itu Kecamatan Batam Kota masih menetap di zona merah dengan 25 kasus.

Sedangkan tiga kecamatan Hinterland, yaitu Belakangpadang, Bulang dan Galang, masih berzona hijau tanpa kasus Covid-19.(ks10).

Editor : Tedjo