Ilustrasi

Batam, Keprisatu.com – Memulai sebuah usaha tentunya tidak hanya modal saja yang dibutuhkan, akan tetapi keterampilan menjadi hal penting untuk dipersiapkan untuk menjadi seorang Entrepreneur.

Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, saat melakukan kunjungan kerja di wilayah Batuaji Kota Batam, terus mendorong lahirnya Entrepreneur, terutama dari kalangan ibu-ibu. Untuk itu, disiapkan pelatihan-pelatihan, yang komplit, sehingga mereka mendapatkan paket paket lengkap.

Di Batuaji, Ketua TP PKK Kota Batam ini membuka Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Tahun 2023. Karena fokus pada ikan, Marlin pun akan menggelar pelatihan-pelatihan tentang pengolahan ikan, hingga pengemasan dan pemasaran.

Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina saat sosialisasi kegiatan gemar makan ikan/F-Humas Pemko Batam

Menurut Marlin, pihaknya memang fokus untuk mengembangkan usaha olahan ikan. Karena itu, dari sisi pengetahuan dasar harus ada. Seperti mulai dari mengenal teknik pengolahan agar menghasilkan sesuai standar.

Setelah itu, mereka harus mengenal bahan baku, juga bahan pembantu. Agar pencampuran bahan-bahannya menghasilkan produk yang enak.

“Manajemen mutunya harus ada,” kata Ketua PIKORI BP Batam ini.

Pengemasan juga, kata Marlin harus sesuai standar. Demikian juga dengan penyimpanan. Sehingga produknya bisa tahan lama. Setelah itu, pemasaran dan distribusinya juga dipelajari.

“Juga tentang harga, harus ditemukan yang pas. Mulai dari harga dasar, harga operasional, harga jual, sehingga mendapatkan keuntungan yang optimal,” kata Wagub Marlin.

Marlin pun minta kepada para suami untuk mendorong dan mensupport istri mereka ikut pelatihan ini. Untuk menambah ilmu dan pengetahuan, yang pasti ada manfaatnya. (*)

KS10