Keprisatu.com – Warga di Perumahan Valey Park, Kelurahan Belian, Kecamatan Batamkota, Kota Batam, mengeluhkan kondisi bukit yang berada di belakang Perumahan mereka.

Sebab, pascahujan deras yang terjadi sejak awal Januari 2021, mengakibatkan terjadinya longsor.  Longsor itu bahkan membuat sebuah rumah warga di Perumahan Bukit Palm Permai yang ada di sekitar bukit tersebut, nyaris roboh.

Bukit di belakang Perumahan Valey Park inilah yang membuat warga was was kawatir terjadi longsor

Di lokasi , pantauan pada Rabu 20 Januari 2021, nampak longsor yang terjadi, nyaris merobohkan bangunan rumah yang ada di dekat batas Perumahan  Bukit Palmpermai.

Sementara itu, warga yang berada di lokasi yang lebih rendah yaitu perumahan Valey Park, warga di sana selalu ditimpa rasa was was . “Kami takut rumah kami tertimpa longsor,” kata Roby warga disana.

Roby mengatakan ketakutan mereka  disebabkan, ancaman bukit yang berada persis di belakang perumahan Valey Park, longsor lagi. Ditambah lagi sudah ada retakan pada bukit yang sewaktu waktu akan longsor.

Warga disana mengatakan sejak terjadinya longsor karena hujan deras , mereka ketakutan dan was was. “Kami  berharap pemilik lahan bereaksi dan jangan sampai menunggu jatuhnya korban,” ujar Sakdiyah warga Valey Park .

Rumah di Bukit Palm Permai nyaris terkena longsor

Apalagi saat longsor , reruntuhan dan bongkahan tanah bauksit, berjatuhan di belakang rumah dan sudah sampai menimpa rumah warga .

Sementara itu Asni yang tinggal di sana juga  berharap kepada pemilik bukit atau lahan yang ada di belakang rumah mereka yaitu PT Batama untuk memotong bukit yang berpotensi terancam ronrok atau longsor. (KS03)

Editor : Tedjo