Keprisatu.com – Suhajar Diantoro, mantan Sekdaprov Kepri akan kembali ke kantor lamanya di Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang. Mendagri Muhammad Tito Karnavian melantiknya pada Kamis (18/2/2021) di Jakarta menjadi Penjabat Gubernur Kepri.

Bagi orang Kepri, Suhajar sudah tidak asing lagi. Ia merupakan mantan Sekdaprov Kepri di masa HM Sani menjabat Gubernur Kepri. Usai menjadi Sekdaprov, putra kelahiran Sungai Ungar Kundur Karimun 2 Mei 1964 ini, sempat menjabat sebagai Rektor IPDN.

Kemendagri  juga pernah menugaskan Suhajar Diantoro menjadi Penjabat Gubernur Bangka. Saat ini Suhajar merupakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kemendagri. Suhajar juga saat ini menjabat Plt Sekretaris Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Kemendagri.

Sebelumnya, kabar mengenai pelantikan seorang Penjabat Gubernur Kepri ini, sudah Sekdaprov TS Arif Fadillah sampaikan pada Rabu (17/2/2021) malam.

Arif mengaku mendadak ada panggilan dari Kemendagri supaya segera ke Jakarta untuk menghadiri pelaksanaan pelantikan Penjabat Gubernur Kepri.

“Iya, saya ada panggilan ke Jakarta untuk pelantikan Penjabat Gubernur, tapi siapa yang menjadi penjabatnya, saya juga belum tahu,” ujarnya.

Namun dia mengatakan, sesuai aturannya, memang untuk memimpin sementara sebelum penetapan Gubernur dan wakil Gubernur terpilih, itu adalah jabatan penjabat gubernur.

”Memang yang pas untuk memimpin sementara di daerah itu Penjabat Gubernur. Karena akan bisa melantik bupati atas nama Mendagri dan melakukan koordinasi ke pusat untuk mempersiapkan pelantikan gubernur dan wakil gubernur,” imbuhnya. (ks04)

editor: arham