Pasangan Bakal Calon Gubernur Kepri dan Wagub Kepri, Soerya Respationo-Iman Sutiawan, melakukan swab test Rabu (2/9/2020). Mereka melakukan tes swab di RSBP Batam (Foto : ist).

Keprisatu.com – Pasangan Bakal Calon Gubernur Kepri dan Wagub Kepri, Soerya Respationo-Iman Sutiawan, melakukan  swab test Rabu (2/9/2020). Mereka melakukan tes swab di RSBP Batam.

Dalam menjalani uji swab ini Soerya-Iman juga didampingi Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto dan juga anggota DPRD Kepri Sugianto.

Tes swab ini dijalani Soerya Respationo dan Iman Sutiawan  dalam rangka persiapan jelang pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Selain persiapan berkas-berkas administrasi, pasangan calon yang diusung koalisi PDI-P, Partai Gerindra dan PKB ini juga melengkapi persyaratan PKPU terbaru, dimana pasangan calon harus menyertakan surat hasil uji PCR dan uji Swab.

Pada kesempatan itu juga, tampak hadir Dinarsyah Tuwo dan Abdul Basyid Has, bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Batam.

Diketahui bahwa, pasangan Lukita-Basyid lebih dulu mengikuti uji Swab.

Sementara itu, Soerya-Iman dalam mengikuti uji Swab PCR, dr.Heni sebagai pelaksana dan dalam kesempatan itu hadir pula Direktur Utama RSBP dr Afdhalun Hakim.

Seperti diketahui syarat bahwa pasangan calon wajib menyertakan hasil uji PCR dan swab itu tercantum dalam revisi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 tahun 2020.

PKPU itu sendiri telah dikomunikasikan dan di sosialisasikan oleh KPU ke partai-partai politik maupun pasangan calon.

BACA JUGA : Test Swab Soerya–Iman “Negatif”

Dalam aturan itu, partai yang akan mengusung pasangan calon harus membawa hasil uji lab bebas Covid-19 saat melakukan pendaftaran ke KPU.

Seperti diketahui juga, pasangan Soerya-Iman, SInergi Kepri akan melakukan pendaftaran ke KPU Kepri pada 4 September lusa.

Pendaftaran untuk pasangan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala berlangsung 4 hingga 6 September mendatang (ks03)