Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir   

Keprisatu.com – Beberapa sekolah di Kabupaten Bintan, bakal beroperasi kembali seperti semula, walaupun wabah covid-19 masih berkelanjutan di Kabupaten Bintan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Bintan, Tamsir, Selasa (08/09/2020)

“Saat ini tengah dilakukan  rapat, untuk membuka kembali sekolah-sekolah di Bintan, yang akan dimulai dari tingkat SMP,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Bintan, Tamsir.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa rencananya  sekolah yang berada di daerah zona tidak ada kasus Covid-19 (zona hijau) akan diberlakukan masuk sekolah.

Daerah zona hijau , kata Tamsir seperti di pulau Binan Pesisir, Mantang, Tambelan, dan Teluk Bintan. “Itupun tidak setiap hari, seminggu hanya tiga hari siswa masuk secara bergiliran,” kata Tamsir.

Namun, sebelum dilaksanakan,  pihak sekolah akan mengundang orang tua terlebih dahulu. “Kita akan undang orang tua, sebelum sekolah dibuka untuk mendapatkan persetujuan,  bila orangtua tidak setuju, maka anaknya tetap belajar dari rumah,” jelas Tamsir.

Soal pelaksananya, Tamsir menyebut, “Di perkirakan akhir September ini”.

Hal ini akan dilaksanakan di beberapa sekolah yang berada di zona hijau. Itu pun untuk jenjang SMP terlebih dahulu yang diterapkan, dan pada daerah yang masih ada kasus covid, belum dilakukan belajar di sekolah, namun masih tetap belajar dari rumah.

“Dalam waktu dekat saya akan mengadakan rapat dengan seluruh Kepala sekolah dan Dinas Kesehatan,” pungkasnya

“Kita masih rapat soal ini, yang jelas secapat mungkin, diperediksi dalam minggu-minggu ini sekolah di Bintan bakal aktif kembali,” beber Tamsir.

Namun, tidak semua sekolah bakal diaktifkan. Namun hanya sebagian, mengingat masih dibatasi adanya wabah Covid-19.

“Jadi gak semua, hanya sekolah-sekolah yang masuk zona aman. Seperti halnya di pulau-pulau,” kata Tamsir.

Sebelum mengaktifkan kembali sekolah, Tamsir bakal memanggil orang tua murid. Untuk membahas dan persetujuan dari masing-masing orang tua murid.

“Kita buat kesepakatan, perjanjian di atas kertas. Jika orang tua tidak setuju, kita juga menpersilahkan tetap belajar di sekolah, namun sekolah tetap buka bagi siapa yang mau masuk,” tutupnya.(ks05).

editor : tedjo