Jefridin, Setdako Batam

Keprisatu.com – Bersepeda santai kini jadi trend. Tak hanya memilih track jalan protokol yang ramai dengan kendaraan, kini jalur jalan di pulau pulau di hinterland Kota Batam, menjadi alternatif rute yang diambil.

Seperti yang dilakukan, Sekda Kota Batam, Jefridin Hamid yang lakukan goes di tiga pulau, Minggu (8/11/2020). Bertemakan Holiday Back to Nature melintasi Pulau Tanjung Kubu, Pulau Kebam dan Bulan Lintang di Kecamatan Bulang.

Masing-masing lintasan memiliki karakter berbeda dan pemandangan yang indah untuk dinikmati sambil bersepeda.

“Track-nya bagus, tapi ada beberapa yang perlu diperbaiki seperti petunjuk jalan,” ujar Jefridin.

Di pulau pertama, Tanjung Kubu, Jefridin dan peserta lain menempuh jarak 5 kilometer (km). Di pulau ini, peserta melintasi jalan dengan karakter offroad, hutan Jabo, dan graval.

Kemudian di Pulau Kebam, karakter lintasannya; offroad, jalur kampung, shortcut dengan jarak tempuh 3 km. Selanjutnya di Pulau Bulang Lintang, melintasi karakter lintasan offroad, hutan bakau, dan rockgarden dengan panjang lintasan 12 km.

“Yang sampai mungkin beberapa orang saja, rasanya saya paling depan dan tiba-tiba peserta lain sudah kumpul di garis finish,” kata Jefridin, seketika peserta lain tertawa.

Meski begitu, Jefridin terus memotivasi para peserta untuk terus gowes demi meningkatkan imun tubuh. Bagi Jefridin, meningkatkan imun tubuh sangat penting di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Ini upaya kita melawan dan meminimalisir risiko terjangkit Covid-19,” ujarnya.

Ia melanjutkan, sebelum ada vaksin Covid-19, ia mengajak semua peserta maupun masyarakat secara keseluruhan untuk terus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

“Ini ikhtiar kita, semoga kita sehat dan Covid-19 ini segera berakhir,” kata dia.(ks10).

Editor : Tedjo