Salah satu rumah rusak akibat gempa M 6,6 di Banten. (Foto: BNPB)

Keprisatu.com – Gempa dengan Magnitudo 6,7, yang kemudian dimutakhirkan menjadi M 6,6, yang berpusat di Sumur, Banten, memicu sejumlah kerusakan bangunan di Pandeglang, Banten.

Berdasarkan foto yang dikirimkan warga bernama Entis Sutisna, STM PGRI di Pandeglang juga mengalami keretakan di sejumlah sisi bangunannya. Yakni, dinding bagian dalam ruang kelas, sudut dinding bagian luar salah satu ruangan.

Selain itu, sebuah bangunan rusak yang tak lagi dipergunakan tampak roboh pada bagian dindingnya.

Senada, Elva, warga Desa Munjul, Kecamatan Munjul, Pandeglang, menyebut setidaknya dua rumah roboh akibat gempa itu.

“Ieu masih di laluar, sabaraha imah nu rusak tacan nyaho. Aya dua anu tos ngageblak ieu di pinggir imah (Warga masih pada di luar. Berapa rumah yang rusak belum tahu. Ini ada dua rumah yang ambruk di pinggir rumah saya),” ungkap dia, dikutip dari detik.com. Jumat (14/1/2022).

Ia menyebut kerusakan pada umumnya terjadi pada dinding dan atap rumah.

“Eta anu di dieu kenteng raragakan (di sini juga genting rumah berjatuhan),” ucapnya.

Warga katanya masih panik dan takut ada gempa susulan. Saat ini mereka masih berada di luar rumah.

“Pada panik. Tapi belum tahu yang lain mah berapa jumlah yang rusaknya. Masih paranik, saurna sieun aya susulan (takut ada gempa susulan),” kata dia.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengungkapkan sejumlah rumah rusak akibat gempa itu.

“Laporan visual yang dihimpun dari lapangan, beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan di bagian atap dan teras rumah,” ujarnya, dalam keterangan tertulis.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, lanjutnya, gempa itu dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

“Warga sempat berhamburan keluar rumah saat merasakan kuatnya guncangan,” tandasnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan M 6,7 terjadi di Sumur, Banten, pada kedalaman 10 Km. Gempa itu tak memicu tsunami. Namun, ada gempa susulan dengan M5,7. (KS03)

Editor : Tedjo
Sumber : CNNIndonesia