Pengurus PKP Indonesia memberikan surat dukungan kepada bakal Cagub Kepri, HM Soerya Repationo (foto : ist)

Keprisatu.com – Dukungan dari partai politik (parpol) bagi bakal Calon Gubernur Kepri Soerya Respationo yang berpasangan dengan Iman Sutiawan sebagai bakal Cawagub Kepri, terus mengalir.

Tiga partai pengusung (PDI Perjuangan, PKB dan Gerindra) dan satu partai pendukung (Partai Gelora), sebelumnya sudah memberikan dukungan kepada paslon ini. Kini paslon Soerya Respationo dan Iman Sutiawan  mendapatkan dukungan dari Partai Keadilan dan Persatuan (PKP)  Indonesia.

Hal ini terungkap saat perwakilan dari Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PKP Indonesia yang diwakili, Muslimin, Sekretaris PKPI Provinsi Kepri saat menyambangi kediaman Soerya Respationo di Perumahan Duta Mas Batam Center, guna menyerahkan surat dukungan tersebut pada Minggu (6/9/2020) pagi.

Surat Keputusan dukungan ke pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo dan Iman Sutiawan ini, ditandatangani secara langsung oleh Ketua Umum PKP Indonesia Diaz Faisal Malik Hendropriyono dan Sekretaris Jenderal PKP Indonesia Verry Surya Hendrawan bermatrai Rp6.000 tertanggal 2 September 2020.

Surat tersebut berisi  PKP Indonesia bahwa sebelum mengambil keputusan untuk mendukung pasangan calon yang mengusung tagline Sinergi Kepri tersebut, telah melakukan rapat secara terbuka dan demokratis yang sesuai dengan ADART atau peraturan internal partai.

Dengan mengutamakan pasangan calon yang didukung bukanlah merupakan mantan Terpidana Korupsi. “Demikian PAKTA Integritas ini dibuat, dengan sesungguhnya sebagai bukti pemenuhan persyaratan pencalonan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” begitu isi tulisan surat tersebut.

Sementara itu, Muslimin, Sekretaris PKPI Provinsi Kepri menyampaikan bahwa dukungan yang diberikan oleh DPN PKP Indonesia ini melalui berbagai proses di internal. Dengan rasa optimis bahwa pasangan calin SInergi Kepri ini bisa memajukan dan memulihkan kondisi Kepri pasca-diterjang ‘badai’ Covid-19.

Dengan adanya dukungan ini, berarti pasangan calon pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo dan Iman Sutiawan telah mengumpulkan dukungan dari 3 Partai Politik Pengusung (PDI Perjuangan, PKB dan Gerindra) dan satu partai pendukung (Partai Gelora dan PKP Indonesia).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Partai Gelora telah menyatakan dukungan ke pasangan calon SInergi. Hal ini tertuang dalam urat keputusan dukungan tersebut, dikeluarkan Dewan Pengurus Nasional (DPN) Partai Gelora, dan ditandatangani Ketua Umum Muhammad Anis Matta dan Sekjen Mahfuz Sidik.

Surat dukungan itu disampaikan Ketua DPW Partai Gelora Kepri, Abdul Rahman LC yang didampingi Sekretaris DPD Gelora Kepri, Agus Purwanto, Kamis (3/9/2020) di kediaman Soerya Respationo di Perumahan Taman Dutamas, Batam.

“Kami datang untuk menyerahkan dukungan yang sudah dikeluarkan DPP Partai Gelora. Intinya, kami bergabung dengan pak Soerya dan pak Iman di Pilkada Kepri,” ungkap Abdul Rahman.

Diakui, pihaknya memutuskan untuk bergabung, mendukung pasangan Soerya-Iman, karena sebelumnya, sudah memiliki kesan baik dengan Soerya. “Pak Soerya memiliki komitmen dan konsistensi kuat. Dengan track record selama ini, kami merasa lebih nyaman dengan Soerya,” tegasnya.

Kemudian, dengan kondisi ekonomi yang mengalami krisis saat ini. Untuk penanganan, juga diingatkan harus diikuti daerah.

“Saat semua negara dilanda krisis, kita menginginkan pemimpin kuat untuk keluar dari krisis. Kita mulai dari daerah, karena nasional tidak bisa tanpa daerah.Itulah alasan Gelora bergabung dengan Sinergi,” katanya.

Harapannya, Soerya dan Iman bisa membawa Kepri keluar dari krisis untuk membangun ekonomi Kepri.

“Insya Allah pak Soerya dan Iman ditakdirkan untuk membawa kita keluar dari krisis. Kalau semua elemen sinergi atau kolaborasi, insya Allah kita keluar,” harap Abdul Rahman. (ks03-r)