Wali Kota Batam dan Wawako Batam, H Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad dilantik oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Senin (15/3/2021). u
Pelantikan H Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam periode 2021-2024 di Gedung Daerah Tanjungpinang, Senin (15/3/2021).

Keprisatu.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad resmi melantik pasangan Wali Kota dan Wawako Batam, H Muhammad Rudi dan H Amsakar Achmad untuk masa jabatan 2021-2024. Pelantikan berlangsung di Gedung Daerah Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, pagi ini Senin (15/3/2021).

Pelaksanaan pelantikan pasangan Wako dan Wawako Batam ini dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan di pintu masuk Gedung Daerah Tanjungpinang.

Tamu undangan yang boleh memasuki ruang utama gedung daerah berlaku terbatas. Namun bagi tamu undangan yang tidak bisa masuk, Pemprov Kepri menyiapkan televisi di luar gedung supaya tetap bisa menyaksikan prosesi pelantikan.

Prosesi pelantikan mulai dari pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian pembacaan Surat Keputusan (SK) Kemendagri tentang Pengangkatan H Muhammad Rudi dan H Amsakar Achmad sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam untuk masa jabatan 2021-2024.

Pasangan Rudi-Amsakar kemudian mengucapkan sumpah jabatan dan menandatangani berita acara pengambilan sumpah jabatan dan penekenan pakta integritas.

Petikan Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang Pengangkatan Wali Kota dan Wakil Kota Batam diserahkan kepada pasangan Rudi dan Amsakar.

Dengan resminya pelantikan ini, Rudi dan Amsakar setidaknya akan menjabat sebagai Wako dan Wawako Batam definitif untuk tiga tahun ke depan.

Selain sebagai orang nomor satu di Pemko Batam, Rudi secara ex-officio juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas (KBPB) Batam.

Perhatikan Hinterland Batam 

Usai prosesi pelantikan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad berharap kepada duet pemimpin Batam itu, agar dapat memperhatikan pembangunan di kawasan pulau-pulau sekitar atau hinterland Batam.

Menurut Ansar, ada dua mesin anggaran dan itu cukup besar untuk menopang pembangunan mainland maupun hinterland Kota Batam. Pertama APBD Batam dan kedua anggaran BP Batam yang bersumber dari APBN.

Rudi sendiri bukanlah orang baru di Batam, bahkan ia tidak asing di Provinsi Kepri. Ia bersama Amsakar maju sebagai calon petahana di Pilkada Batam 2020. Pasangan berhasil  memenangkan pertarungan pilkada untuk kedua kalinya. Dengan pelantikan hari ini, Rudi-Amsakar dapat melanjutkan jabatannya sebagai Wako dan Wawako Batam periode kedua  2021-2024.

Jauh sebelum menjabat sebagai Wako Batam, Rudi pernah menjadi Wakil Wali Kota Batam periode 2011-2016 berdampingan dengan H Ahmad Dahlan. Sebagai politisi, Rudi juga pernah menduduki jabatan sebagai anggota DPRD Kota Batam.

Terlepas dari melesatnya karir politik Rudi, Pria 57 tahun ini dulu pernah bertugas sebagai seorang anggota polisi. Namun Rudi mengundurkan diri tahun 2004. Kelahiran Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, 20 Oktober 1963 ini, bahkan sempat menjabat sebagai Kepala Samsat Kota Batam.

Rudi juga mempunyai istri yang karir politiknya langsung melambung. Sang istri, Hj Marlin Agustina maju bertarung sebagai calon Wakil Gubernur Kepri mendampingi calon Gubernur Kepri, H Ansar Ahmad. Di hari pertama pencoblosan, suara Ansar-Marlin tak terbendung hingga berhasil memenangkan pertarungan di Pilkada Serentak Provinsi Kepri 2020.

Marlin sudah dilantik lebih dulu sebagai Wakil Gubernur Kepri berdampingan dengan Gubernur Ansar oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, 25 Februaru 2021 lalu. Kini Marlin duduk menjabat Wakil Gubernur Provinsi Kepri, sementara sang suami Rudi definitif sebagai Wali Kota Batam sekaligus menakhodai BP Batam. (ks04)

BACA JUGA:

Gubernur Ansar Lantik Rudi dan Amsakar, Dijadwal Senin

Putusan MK Pastikan M Rudi-Amsakar Pemenang Pilkada Batam