Rumah Sakit Awalbros di Botania resmi beroperasi/F-Istimewa

Batam, Keprisatu.com – Rumah Sakit Awal Bros Batam kembali melebarkan sayap bisnisnya dalam bidang kesehatan dengan meresmikan rumah sakit keduanya di kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

RS Awal Bros Botania Batam namanya. Tepat pada hari ini, Minggu (22/1/2023) secara resmi beroperasi. Prosesi peresmian ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan langsung oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi didampingi CEO RS Awal Bros Group, Ir Arfan Awaloeddin.

RS Awal Bros Botania Batam menempati lokasi yang sangat strategis di Jalan Raja Ali Kelana Blok A Nomor 8 Batam, Batam Center. Rumah sakit ini dikelilingi oleh kawasan industri seperti Kawasan Industri Kabil dan Kawasan Industri Tunas.

Tak hanya itu, Rumah Sakit Awal Bros Botania juga dekat dengan area perumahan, dengan jumlah penduduk kota Batam lebih dari 1,3 juta penduduk (berdasarkan Diskominfo Batam tahun 2021). Dengan demikian, tentunya akan mempermudah dan menbantu masyarakat sekitar untuk mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan.

“Semoga kehadiran Rumah Sakit Awal Bros Botania Batam dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di Batam dan Kepri sehingga tak perlu berobat ke luar daerah atau luar negeri,” kata Rudi usai kegiatan.

Rumah Sakit Awal Bros Botania Batam dilengkapi dengan Layanan 24 jam meliputi Laboraturium, UGD, Farmasi, Radiologi, dan Ambulans serta dilengkapi dengan layanan dokter spesialis, seperti: Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Bedah, Anak, Penyakit Dalam, Gizi Klinik.

Rumah Sakit Awal Bros Botania Batam juga dilengkapi dengan peralatan penunjang medis yang cukup canggih seperti: CT Scan 128 slices (untuk pemeriksaan CT Kepala, Cardiac, Calcium Score, dan BMD), Rontgen Thorax, USG Payudara, EEG, Spirometri, EKG, Endoskopi THT, Panoramic, USG Abdomen, dan USG Kehamilan 4D.

Layanan unggulan lainnya adalah Rehabilitasi Medik yang siap melayani Rehabilitasi Nyeri, Pasca Stroke, LBP (Low Back Pain), Cardiorespirasi, TECAR (Terapi mengatasi nyeri). Selain itu, juga hadir layanan Tumbuh Kembang anak dan Medical Check Up.

RS Awal Bros Botania mengelola limbah cair rumah sakit dengan mengacu regulasi terbaru yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Dilokasi yang sama, CEO RS Awal Bros Group, Arfan Awaloeddin MARS, menyampaikan, selama ini banyak kegiatan sosial yang telah dilakukan pihaknya sebelum melakukan peresmian dalam rangka Road To Grand Opening, seperti penyuluhan kesehatan atau edukasi kesehatan, pengobatan massal, dan bantuan kemanusiaan Corporate Social Responsibility (CSR).

Menurut dia pembangunan rumah sakit ini merupakan wujud nyata dalam bentuk institusi yang diharapkan bisa memberikan dampak positif di bidang layanan kesehatan, juga lapangan pekerjaan untuk tenaga medis dan kesehatan serta sektor sektor terkait.

Sementara, Direktur Rumah Sakit Awal Bros Botania, dr Retno Kusumo MARS mengatakan, untuk saat ini Poliklinik Rawat jalan sudah dapat memberikan pelayanan Kesehatan.

Fasilitas Kesehatan yang ada di Rumah Sakit Awal Bros Batam juga dilengkapi dengan 118 kapasitas tempat tidur, 6 ruangan ICU, 2 ruangan ICCU, 5 ruangan NICU, 8 ruangan Isolasi Tekanan Negative, 5 rungan Perina, 10 ruangan Perawatan Bayi, 3 ruangan VK, dan 5 ruangan OD.

Pihaknya berharap RS Awal Bros Botania Batam bisa menjadi solusi untuk berbagai layanan kesehatan masyarakat, sehingga tidak lagi menjadikan rumah sakit di luar Batam sebagai rujukan, terutama di negara tetangga.

Dalam Visi Misinya, RS Awal Bros Botania Batam berkomitmen memberikan pelayanan PRIMA sesuai dengan core value RS Awal Bros Grup, dengan kecepatan dan ketepatan diagnosis sesuai standar operasional prosedur, dengan tetap memperhatikan biaya layanan yang terjangkau.

“Adapun Visi kami : Mewujudkan Rumah Sakit Awal Bros Botania menjadi Rumah Sakit Terdepan dan Unggul dengan Layanan Berkualitas yang mengutamakan Patient Safety. Sedangkan Misi kami : Memberikan Pelayanan Kesehatan Secara Profesional dengan Penuh Kepedulian,” imbuh Retno.

Hal istimewa lainnya adalah banyaknya dokter spesialis dan sub spesialis yang akan bergabung dengan RS Awal Bros Botania Batam yang dapat memberikan pelayanan Kesehatan yang dibutuhkan masyarakat.

Sementara, Ketua Umum BPD HIPMI Kepulauan Riau, Sari Dwi Mulyawaty yang hadir turut hadir dalam peresmian itu memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada RS Awal Bros, yang telah mengembangkan sayap bisnisnya dalam bidang kesehatan di kota Batam.

Dia pun memberikan apresiasinya khusus kepada CEO RS Awal Bros Group, Ir Arfan Awaloeddin MARS yang notabene adalah merupakan senior di HIPMI.

“Keberhasilan RS Awal Bros dalam mengembangkan bisnis kesehatannya tidak terlepas dari tangan dingin senior kami di HIPMI, bang Arfan. Sekali lagi selamat atas peresmian RS cabang yang ke 25 seluruh Indonesia,” pungkasnya. (*)

KS10