Rudi Siap-Siap Jemput Turis Pertama Singapura.
Terminal Feri Internasional Nongsapura Batam.

Keprisatu.comWisatawan mancanegara (wisman) asal negeri jiran Singapura jika tidak ada aral, maka akan mulai datang ke Kota Batam pada  hari Jumat (18/2/2022). Sebagai Wali Kota Batam dan sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, H Muhammad Rudi sudah siap-siap untuk menjemput turis pertama Singapura tersebut.

Rudi mengatakan akan menjemput langsung kedatangan wisman Singapura, yang rencananya akan merapat di terminal feri internasional Nongsapura pada pukul 14.00 WIB atau pukul 15.00 waktu Singapura. Para wisman akan menggunakan feri Batamfast.

Rencana penjemputan wisman Singapura pertama tersebut dalam skema travel bubble Batam, Bintan, dan Singapura dan hal tersebut sudah dibicarakan antarnegara saat Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong bertemu di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau baru-baru ini.

Dari sisi Pemerintah Kota Batam, Wali Kota Batam H. Muhammad Rudi berkomitmen meningkatkan keamanan saat para wisman tersebut melakukan kunjungan ke Kota Batam, khususnya wilayah Nongsa.

“Dengan adanya mereka datang maka pengamanan ke Kota Batam khusus di Nongsa akan kita perketat salah satunya pemeriksaan PCR,” kata Rudi saat menghadiri syukuran Ultah ke-22 Posmetro Group pada Senin (14/2/2022).

Rudi merinci kembali bahwa kedatangan wisman ini merupakan pelaksanaan dari travel bubble antara pemerintah Indonesia dengan Singapura. Ia berharap hasil pemeriksaan PCR valid sehingga tidak menciderai travel bubble yang sudah dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong.

“Saya minta ke KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) tidak boleh PCR satu gen kalau boleh yang sempurna tiga gen. Jangan sampai pemeriksaan ini melukai karena hasilnya tidak valid,” ucapnya.

Mengutip keterangan resmi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata menyebut sebanyak 120 wisman yang akan datang. Ia mengatakan, kabar baik tersebut merupakan kerja bersama untuk membangkitkan industri pariwisata.

“Wali Kota Batam fokus meningkatkan keamanan pengunjung, dan Pak Wali akan menjemput wisman Singapura,” ucapnya. (KS04)