Zhang Yong

Keprisatu.com – Usaha restoran bisa membikin kaya seseorang. Itu dibuktikan pengusaha restoran Zhang Yong.

Yong, pemilik restoran hotpot khas Sichuan bahkan tercatat sukses mempertahankan diri sebagai taipan atau konglomerat terkaya di Singapura.

Data terbaru Forbes menyebutkan Yong mempunyai kekayaan mencapai US$ 24,2 miliar atau sekitar Rp 357 triliun lebih.

Besarnya kekayaan Yong itu juga dilansir oleh laman Kontan.co.id, Minggu (18/10/2020).

Mayoritas kekayaannya berasal dari jaringan bisnis restoran Haidilao yang dijalankannya. Yong memegang saham mayoritas di Haidilao Catering, Haidilao International Holding, dan Yihai International.

Yong baru memasuki usia 50 tahun, merupakan orang kelahiran China yang kini jadi warga negara Singapura.

Dalam biografi yang dikutip dari Bloomberg, Yong memulai karir sebagai tukang las di China. Bahkan ia baru merasakan makan di restoran pada usia 19 tahun. Siapa sangka, saat ini ia bisa menjadi orang terkaya Singapura.

Pada tahun 1994, dia keluar dari perusahaannya dan mulai membuka restoran kecil dengan hanya 4 meja di dalamnya. Restoran tersebut merupakan cabang pertama Haidilao, awal mula kesuksesannya di bisnis kuliner.

Restoran tersebut dirintis oleh Zhang Yong dan istrinya, Shu Ping, beserta rekannya pasangan suami-istri Shi Yonghong dan Li Haiyan.

Restoran kecilnya itu dengan cepat berkembang menjadi restoran hotpot terbesar di Kota Jianyang, Sichuan. Tahun 1998, restoran keduanya bernama Lou Wai Lou dibuka.

Setelah satu dekade berjalan, pada tahun 2010 Yong membuka sekolah pelatihan manajeman restoran. Bisnis Yong mulai berkembang ke AS saat membuka cabang Haidilao pertama di Los Angeles tahun 2013.

Forbes mencatat, saat ini Haidilao memiliki pemasukan sebesar US$ 17 miliar dari 466 cabang restoran yang tersebar di China, AS, Jepang, Korea Selatan, dan tentunya Singapura.

Haidilao terkenal dengan hidangan pedas dan layanan pelanggannya yang luar biasa baik. Bahkan restoran hotpot khas China ini menawarkan manicure gratis untuk pelanggan yang menunggu. Pelayanan pelanggan yang maksimal inilah yang turut mengantarkan Zhang Yong menjadi orang terkaya di Singapura.

Fakta menarik, Zhang Yong yang tidak menyelesaikan sekolah menengah mengaku tidak mengerti bagaimana cara menghidangkan hotpot saat pertama kali membuka restoran tahun 1994 silam.

Hotpot sendiri merupakan jenis makanan khas Sichuan yang sudah menjadi budaya masyarakat setempat. Kini mulai banyak restoran dengan konsep hotpot khas Sichuan tersebar di berbagai negara.

Sebagai pemimpin jaringan Haidilao di seluruh dunia, saat ini Zhang Yong masih menjadi orang terkaya di Singapura. Ia juga ada di peringkat 118 dalam daftar Billionaires 2020 versi majalah Forbes. (ks04)