Alias Wello janji naikkan tunjangan BPD di Kabupaten Bintan

Keprisatu.com – Calon Bupati Bintan, Alias Wello, berjanji menaikkan gaji atau tunjangan para anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Bintan hingga menyamai tunjangan anggota BPD di Kabupaten Lingga. Kalau dihitung hitung, angkanya   naik 100 persen.

“Kalau masyarakat mengamanahkan kepada saya untuk memimpin Bintan, saya pastikan tunjangan Ketua dan Anggota BPD di Bintan sama dengan di Lingga atau naik 100 persen,” tegas Alias Wello, Rabu (30/9/2020).

Niatnya ini bukan tanpa alasan. Keinginan menaikkan tunjangan ini, dilatarbelakangi oleh keluhan dari para anggota BPD di Bintan soal tunjangan mereka.

Pria yang akrab disapa AWe itu, mengaku dapat memahami keluhan para anggota BPD di Bintan yang memiliki pendapatan jauh lebih kecil dari pendapatan anggota BPD di Lingga.

“Kalau soal pendapatan seperti ini, saya cukup memahami. Tapi, ingat! Saya pasti menagih kinerja. Bagi yang bermain – main dengan kinerja, pasti saya pecat,” katanya.

Menurut AWe, gaji atau tunjangan seorang Ketua BPD di Kabupaten Lingga mencapai Rp1,8 juta per bulan. Sedangkan untuk anggota diberi tunjangan sebesar Rp 1,050 juta per bulan.

“Untuk biaya operasional BPD di setiap desa di Lingga, nilainya berkisar Rp30 – Rp40 juta per tahun,” tambah AWe yang saat ini menjabat sebagai Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Kepri.

Sebelumnya, dalam perjalanan melakukan kampanye di Bintan Utara, AWe menerima informasi mengenai minimnya pendapatan anggota BPD di Bintan. Nilainya jauh di bawah pendapatan anggota BPD di Lingga.

Gaji atau tunjangan Ketua BPD di Bintan nilainya hanya Rp750 ribu per bulan. Sedangkan gaji atau tunjangan untuk anggota sebesar Rp500 ribu perbulan. Sementara biaya operasional berkisar Rp30 juta per tahun.

Sebagaimana diketahui jumlah desa di Lingga sebanyak 88 desa. Sedangkan jumlah desa di Bintan hanya 36 desa. Setiap desa memiliki anggota BPD berjumlah 5 – 7 orang.tutupnya,(Ks05).

Editor : Tedjo