HM Rudi dan Amsakar Achmad secara resmi ditetapkan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Batam Terpilih

Keprisatu.com – Lega dan gembira dirasakan oleh Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Batam, HM Rudi dan Amsakar Achmad. Keduanya adalah calon dari petahana yang pada pemilu Desember silam mengikuti kontestasi Pilkada Walikota Batam.

Keduanya akhirnya resmi ditetapkan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Batam Terpilih. Penetapan ini dilakukan oleh  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam . Penetapan dilakukan di Harris Hotel Batam Centre, Jumat (19/2/2021) pagi.

Penetapan Rudi-Amsakar sebagai kepala daerah terpilih berdasarkan surat Keputusan KPU Batam No.5/PL.02.7-Kpt/KPU-Kot/2171/II/2021.

Keputusan penetapan dalam berita acara mengacu Keputusan KPU Batam no.517/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil pengitungan suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam 2020 tanggal 17 Desember 2020.

Lalu Putusan Mahkamah Konstitusi No.127/PHP.KOT-XIX/2021 dalam perkara perselisihan hasil pemilihan wali kota dan wakil wali kota Batam tanggal 17 Februari 2021.

Hadir dalam penetapan itu, sederet tamu seperti Kapolresta Barelang Kombespol Yos Guntur. Hadir juga dua wakil Ketua DPRD. Mereka adalah M Kamaludin Wakil Ketua I DPRD  Kota Batam dan dr Tengku Afrizal Dachlan, Wakil Ketua III DPRD Propinsi Kepri. Keduanya adalah kader Partai Nasdem.

Dalam penetapan , Rudi dan Amsakar yang merupakan calon nomor urut 02 Pilkada Batam Desember 2020 lalu kopak mengenakan stelan kemeja putih. Keduanya saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam.

(dari kiri : Tengku Afrizal Dachlan (Waka III DPRD Kepri), M Kamaludin (Waka I DPRD Batam), dan Kombespol Yos Guntur (Kapolresta Barelang)

“Ketentuan ini berlaku sejak hari ini tanggal 19 Februari 2021,” kata Ketua KPU Batam Herigen saat rapat pleno terbuka di Hotel Harris Batam Center, Jumat (19/2/2021).

Muhammad Rudi mengaku bersyukur atas penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam. Dengan penetapan ini kata Rudi Pilkada Batam telah selesai. Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kembali bersatu bersama-sama membangun Kota Batam.

“Dengan bersatu itulah kita bisa membangun Kota Batam,” kata Rudi. (KS10))

Editor : Teguh Joko Lismanto