Para model memeragakan Batik Batam di ajang Batik Batam Fashion Week 2020, Sabtu (12/9/2020) malam.

Keprisatu.com – Warna-warni batik Batam dalam desain kekinian diperagakan para model di ajang Batik Batam Fashion Week (BBFW) 2020 di Dataran Engku Hamidah, Sabtu (12/9/2020). Peragaan busana bertema Millennials Batik Batam ini dikemas dengan santai dan mampu menarik pengunjung dari berbagai kalangan dan usia.

Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan acara ini. Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun dengan tujuan untuk mengenalkan batik Batam lebih luas lagi.

“Alhamdulillah Dekranasda telah melahirkan IKM-IKM (industri kecil menengah) yang menjadi ikon Batam, salah satunya adalah batik Batam,” tutur Marlin.

Motif batik Batam ini berbeda dengan batik di Jawa. Batik-batik di Jawa umumnya berwarna natural. Sementara Batik Batam tampil lebih berani dengan warna-warna yang cerah. Dan dari sisi motif, lebih banyak mengangkat biota laut yang banyak ditemukan di lingkungan setempat.

Menurut Marlin, Batik Batam ini spesial karena seluruh tahapannya melibatkan masyarakat dan anak-anak Batam sendiri. Mulai dari yang menciptakan motif, pengrajin batik, hingga desainernya adalah anak Batam.

“Saya berbangga hati karena semua dihasilkan masyarakat Batam sendiri, mereka yang betul-betul ingin Batam maju. Seperti yang saya pakai ini. Ini adalah hasil karya pembatik dan desainer Kota Batam. Batik Batam yang diaplikasikan pada kain sifon atau organdi,” ujarnya.

Berkat tangan dingin anak muda Batam juga, batik Batam ini sudah bisa menggelar fashion show di luar negeri. Seperti Malaysia, Singapura, bahkan hingga Australia, dan Dubai.

“Mohon dukungan Kementerian Pariwisata, agar batik Batam ini lebih maju. Dan sebagai informasi, 2021 nanti seluruh anak sekolah dari TK sampai SMP sudah pakai seragam batik Batam. Dibuat aturan seperti itu karena kalau tidak kita, siapa lagi yang akan mendukung produk batik kita,” kata istri Wali Kota Batam, Muhammad Rudi tersebut. (KS 08)