Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum.

Keprisatu.com – Pemerintah Kota Batam berencana untuk membuat satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Pulau Pengalap, Kecamatan Galang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sektor pariwisata dan diharapkan kawasan ini akan menarik kunjungan wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara.

Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum, mengatakan saat ini seluruh persyaratan dapat dipenuhi atas dukungan Pemko Batam dan Pemprov Kepri serta dilengkapi oleh pihak pengusaha sehingga proses penetapan Pulau Pengalap sebagai KEK pariwisata diharapkan bisa segera terwujud. Kata Syamsul, Pulau Pengalap memiliki kawasan pantai yang menarik untuk dikunjungi.

“Sekarang kan belum ada di Batam sebagai KEK Pariwisata. Karena itu kita terus dorong supaya ini bisa segera terealisasi,” katanya.

Kawasak KEK Pulau Pengalap akan dibagi, yakni kawasan pariwisata seluas 150,8 hektar, sebagai hutan produksi seluas 84,8 hektar, dan peruntukan kawasan hutan konservasi seluas 99,1 hektar. Jika terealisasi, nantinya jalur Singapura ke Pulau Pengalap akan dibuka. Sehingga hal ini diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan asal Singapura ke Batam.

“Kita masih terus koordinasi dengan pihak Imigrasi terkait hal ini,” katanya.(ks10)

Editor : Aini