Program “Bisa” untuk memberdayakan usaha sektor pariwisata di era new normal.

Keprisatu.com – Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) kembali mengkampanyekan program “Bisa” (Bersih, Indah, Sehat, Aman), di Pantai Tanjung Mak Dara, Nongsa, Sabtu (17/10). Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di era new normal.

Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan selama pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Batam berkonsentrasi menangani wabah ini. Kata dia, mulai 15 Juni 2020 lalu, Pemko Batam telah mengizinkan pelaku usaha di bidang pariwisata untuk membuka kembali usahanya.

“Meskipun boleh diizinkan buka kembali, kami menganjurkan untuk tetap perhatikan protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan sebagainya,” kata Ardi, sapaan akrabnya.

Ardi menuturkan, dengan gerakan “Bisa” ini, pelaku usaha pariwisata dapat meningkatkan kebersihan, keindahan, keselamatan dan kesehatan tempat wisata. Hal ini sambungnya, akan menjadikan tamu atau pengunjung merasa aman dan nyaman.

“Saya harapkan tempat wisata di manapun, bisa bersih, tidak ada lagi sampah,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Sub Direktorat Hubungan Antarlembaga Multilateral, Kementerian Pariwisata, Ika Kusuma Permana Sari, mengajak pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk meningkatkan kewaspadaan, kebersihan, keamanan, kesehatan di tempat destinasi pariwisata sehingga rantai Covid-19 terputus dan pengunjung ke tempat wisata dapat merasa aman dan nyaman serta pulang dengan sehat. Gerakan “Bisa” merupakan program Indonesia Care.

“Gerakan BISA program dari Indonesia Care, di mana kita peduli mulai dari diri sendiri, peduli terhadap lingkungan, kebersihan dengan peduli kita sehat sehingga menjaga orang lain,” katanya.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan pelaku sektor pariwisata san ekonomi kreatif untuk berpartisipasi dalam Gerakan “Bisa” di destinasi wisata. Ia berharap pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Nongsa dapat melaksanakan protokol kesehatan di tempat destinasi wisata.

“Terima kasih kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Bapak Ardiwinata yang sudah menginisiasi Gerakan “Bisa” di Batam,” ucapnya.(ks10)