Kontrak Pierre-Emerick Aubameyang (kanan) bersama Arsenal akan habis pada akhir musim depan. (IAN KINGTON/AFP)

Keprisatu.com – Selain rencana kembali mengadakan latihan, situasi penyerang Pierre-Emerick Aubameyang turut menjadi atensi Arsenal. Sebab, The Gunners tak kunjung menemukan solusi atas kontrak Auba yang habis akhir musim depan.

Sampai kemarin (26/4), Auba belum memperpanjang kontrak dengan klub yang dibelanya sejak 31 Januari 2018 tersebut. Tuntutan kenaikan gaji peraih Torjaegerkanone 2016–2017 dan Golden Boot Premier League 2018–2019 itu belum dikabulkan The Gunners. Auba yang saat ini bergaji GBP 200 ribu (Rp 3,8 miliar) per pekan meminta gaji GBP 300 ribu (Rp 5,7 miliar) per pekan dalam negosiasi kontrak baru.

Nah, sebagaimana diberitakan Football London dan Express, Arsenal sudah putus asa untuk berdiskusi tentang kenaikan gaji dengan Auba. Seiring usia Auba menapak 31 tahun pada 18 Juni nanti, Arsenal lebih rela kehilangan kapten timnas Gabon tersebut. ’’Daripada klub tak mendapatkan apa pun (biaya transfer, Red) darinya (Auba),’’ kata sumber tersebut.

Ayah Auba, Pierre-Francois Aubameyang, sebetulnya sudah mendorong anaknya bertahan di Arsenal. Apalagi, pada era kepelatihan Mikel Arteta, Auba diberi kepercayaan sebagai kapten. Arteta juga sejatinya lebih memilih melepas striker lainnya, Alexandre Lacazette, ketimbang Auba.

Mantan pemain Arsenal Charlie Nicholas kepada Sky Sports juga menyarankan agar The Gunners melunak terhadap permintaan kenaikan gaji Auba. Menurut Nicholas, Auba yang mempersembahkan 61 gol dalam 97 penampilan bersama klub asal London Utara itu malah lebih berhak atas gaji GBP 350 ribu (Rp 6,64 miliar) per pekan ketimbang Mesut Oezil. Angka gaji Oezil tersebut merupakan yang tertinggi di antara pemain Arsenal lainnya musim ini.

Di sisi lain, sudah banyak klub yang antre menginginkan jasa Auba seandainya Arsenal gagal mempertahankannya. Klub raksasa Serie A Inter Milan berada paling depan untuk memenuhi transfer Auba yang bisa mencapai GBP 56 juta (Rp 1,06 triliun).

Asa Inter mendapat Auba tak terlepas dari upaya preventif seandainya Nerazzurri betul-betul kehilangan striker asal Argentina Lautaro Martinez. Lautaro terus digoda FC Barcelona untuk menggantikan Luis Suarez yang periode karirnya di Eropa mendekati fase terakhir.

Sumber: Jawapos