Kapolres Lingga lakukan pengecekan kelengkapan alat keamanan kapal/Foto: Polres Lingga
Lingga, Keprisatu.com – Guna memastikan keamanan dan kelengkapan jasa transportasi laut paska Arus Balik Mudik Lebaran 1444 H, Kapolres Lingga AKBP Fadli Agus,S.I.K,M.H Lakukan pengecekan perlengkapan keamanan kapal di pelabuhan Jagoh Singkep Barat.
Hadir dalam kegiatan tersebut KA UPP Kelas III Dabo Singkep (KA Syahbandar) Mahyuddin, S.Sos, M.H, Kabag SDM Polres Lingga AKP Bakri,S.IP, Kasat Polairud Polres Lingga AKP Thomas Charles,S.H,M.H, Kawilker Kesyahbandar Penuba Sugeng Santoso, S.A.P, Tenaga Kesehatan Pelabuhan Wiwin beserta Anggota Satpolairud Polres Lingga.
Adapun Kapal yang di lakukan pengecekan di antaranya KMV.Superjet tujuan Tanjung Pinang dan KM.Oceana dengan tujuan Batam.
Seluruh aspek kapal dikroscek secara langsung dan memeriksa alat-alat keselamatan seperti life jacket, life bouy dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) guna memberikan layanan terbaik bagi pemudik yang hendak brangkat.
Kapolres Lingga AKBP Fadli Agus,S.I.K,M.H menyebutkan, pengecekan setiap kapal penumpang berangkat bertujuan untuk memeriksa kelengkapan sarana dan prasana kapal sehingga keselamatan penumpang terjamin sampai di tujuan.
“Pengecekan ini kita lakukan agar keselamatan para penumpang kapal benar-benar terjamin. Jangan sampai peralatan keselamatan tidak ada dan tidak berfungsi dengam baik, ”Jelas Kapolres.
Selain itu, pengecekan kelengkapan peralatan kapal ini juga untuk mengantisiapasi lonjakan penumpang saat kapal berangkat agar tidak terjadi musibah pada saat pelayaran seperti musibah tenggelamnya kapal Speed boat SB Evelyn yang terjadi di perairan perbatasan Sungai Guntung Provinsi Riau.
Pada prinsipnya, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi musibah selama pelayaran berjalan. Setiap kapal berangkat harus menyampaikan cara menggenakan alat-alat penyelamat, sehingga pada saat terjadi musibah penumpang tidak kebingungan, ”ujar Kapolres.
Selain melakukan pemeriksaan Kapal, pihaknya juga mengimbau agar para Capten Kapal dan awak kapal untuk selalu taat aturan dan jaga keselamatan saat berada di kapal. (*)
KS10