Sebuah Politeknik Industri bakal berdiri di Galang Batang, Bintan, Kepri.
Sekdaprov Kepri, DR. H. T. S. Arif Fadillah sedang membahas pendirian Politeknik Industri Galang Batang di Bintan, Kepri, Selasa (27/4/2021). (Foto: Humas Kepri)

Keprisatu.com – Sebuah Politeknik Industri bakal berdiri di Galang Batang, Kabupaten Bintan, Kepri. Politeknik industri ini akan bekerja sama dengan berbagai pihak dan nantinya akan mendukung keberadaan perusahaan dan industri di sana.

Sekdaprov Kepri, DR. H.T.S Arif Fadilah SSos, MSi menyampaikan, Pemprov Kepri sedang menyiapkan pembangunan politeknik industri di Bintan. Pemprov menginginkan masyarakat sekitar punya peluang untuk bekerja di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Kabupaten Bintan. Politeknik industri bakal berdiri di Galang Batang dengan bekerja sama dengan perusahaan dan industri setempat.

“Kita berharap SDM lulusan Politeknik Galang Batang nanti mendapat peluang bekerja di KEK. Ataupun di tempat lain, namun bidang yang sama dalam rangka mendukung pengembangan SDM di Kepri,” kata Arif saat memimpin Rapat Pembangunan Politeknik Galang Batang dan Pengembangan SDM Industri di Kantor Gubernur Kepri, Selasa (27/4).

Pendirian politeknik ini sudah mendapat dukungan dari Kemenko Marvest, Kemenperin, dan Kemendikbud. Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan menunjukkan dukungan penuhnya dan berharap segera peletakan batu pertama.

”Ini satu mimpi besar, setelah kemarin Kepala Bappenas meninjau landing point jembatan Batam Bintan. Kami harap peletakan batu pertama pembangunan jembatan ini akan berlanjut ke peletakan batu pertama pembangunan Politeknik Galang Batang. Sehingga saat peresmian jembatan pada tahun 2024, mudah-mudahan sejalan dengan wisuda angkatan pertama politeknik ini” imbuh Arif.

Gandeng Politeknik Batam

Kadisperindag Pemprov Kepri Burhanuddin mengaku segera akan menindaklanjuti langkah-langkah perencanaan dengan mulai dari penyusunan dan penandatanganan MoU antara pihak terkait.
“Nota Kesepakatan akan terdiri dari MoU antara BPSDMI Kementerian Perindustrian RI, Pemda dengan Pelaku Usaha Industri di Provinsi Kepri,” ujarnya.

“Mengenai teknis pembangunan, Pemprov Kepri melalui Disperindag akan Menyusun Pra Studi Kelayakan, dan Kemenperin RI melakukan Studi Kelayakan dan Pembangunan,” imbunya.

Direktur Politeknik Negeri Batam, Uuf Brajawidagda yang pada tahap awal akan bekerja sama mengembangkan Politeknik Galang Batang menyampaikan, telah melakukan mapping prodi sesuai kebutuhan dunia usaha di Bintan.

“Sebagian besar prodi di Politeknik Batam bisa memenuhi kebutuhan industri di Bintan saat ini. Tinggal prodi baru pengelolaan metal bukan besi yang sedang didefinisikan oleh tim kami. Hal ini akan berjalan beriringan pembangunan fisik Politeknik Galang Batang,” kata Uuf. (ks04)

BACA JUGA BERITA LAINNYA:

Corona Bangkit lagi di Jiran Singapura

Rafiq-Anwar Mendapat Tiga Tugas dari Ansar

Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402 Meninggal Syahid

Kepala Bappenas: Revitalisasi Penyengat Harus Manfaat

Pentingnya Makanan Manis saat Berbuka Puasa