Plt Gubernur Kepri, Isdianto membagikan masker ke Pasar Perumnas Sagulung dan SP Plaza di Batam, beberapa waktu lalu. F Diskominfo Kepri

Keprisatu.com – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Isdianto prihatin penularan corona virus disease 2019 (covid-19) di Batam. Untuk menekan penularan virus ini, Isdianto menyusun Tim Posko Penanganan Covid-19 Batam.

Tim ini resmi bertugas sejak Selasa (26/5/2020), sesuai surat keputusan yang diterbitkan Plt Gubernur Kepri Isdianto. Tim tersebut diketuai Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Buralimar.

Surat bernomor 604/2020 itu menerangkan Tim Posko Penanganan Covid-19 Batam dibentuk atas pertimbangan penyebaran covid-19 di Batam cenderung meningkat dan berdampak pada aspek sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.

Sehingga, perlu melaksanakan upaya-upaya strategis dan taktis guna mencegah dan menurunkan angka penyebaran covid-19 di Batam. Tim ini bertanggung jawab kepada Gubernur selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kepri.

Surat itu juga merinci tujuh tugas utama tim yakni; merencanakan, melaksanakan dan evaluasi kegiatan penanganan covid-19 di Batam. Kemudian melakukan surveillance, operasi penegakan protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran covid-19. Lalu pengumpulan dan pengelolaan data, penyajian informasi dan analisa, rekomendasi kebijakan serta pelaporan, melaksanakan fungsi kehumasan, dan penyebarluasan informasi.

Kemudian memberikan dukungan perencanaan, penyediaan, pendistribusian, pencatatan serta pelaporan logistik, dan perlengkapan.

“Seterusnya melakukan koordinasi pelaksanaan tugas dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dibentuk Pemko Batam,” ujar Isdianto.

Tim terdiri dari tiga bidang wakil ketua yakni Bidang Surveillance dan Penegakan Protokol Kesehatan yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan, Bidang Perencanaan Pakar, Data dan Informasi yang dipimpin Kepala Dinas PMD Dukcapil, Bidang Humas dan Publikasi yang dipimpin Kepala Baskebangpol, dan terakhir Bidang Logistik dan Perlengkapan yang dipimpin Kepala BPBD Kepri. Sedangkan Sekretaris Tim yakni Chris Triwinarsis. Adapun tim posko dibagi ke lima tim.

Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kepri, Iskandar Zulkarnaen, menjelaskan tim posko ini dibentuk atas instruksi Gubernur Kepri Isdianto demi membantu Kota Batam dalam penanganan pencegahan covid-19, sesuai permintaan dari Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

“Sekretariat Posko ada di Graha Kepri lantai tujuh. Posko ini dipimpin langsung oleh Pak Buralimar, Kadis Pariwisata,” ujar Iskandar yang juga Ketua Tim Humas dan Publikasi Tim Posko tersebut.

Posko, sambung dia, langsung berjalan sejak dibentuk. Jumat pekan ini dilangsungkan rapat pertama tim. “Minggu depan langsung membuat kerja-kerja yang terkoordinasi dengan Gugus Tugas Kota Batam,” tutur Iskandar, Kamis (28/5/2020).(*/ted)