Keprisatu.com – Kejuaraan Ajang Kejuaraan Panahan bertajuk Kepri Archery Club Championship (KACC 2020) sukses digelar di Nuvasa Bay, Kawasan Nongsa, Kota Batam. Acara berlangsung sejak 28-29 November 2020.

KACC 2020 dibuka langsung oleh Ketua KONI Kepri, Usep RS. Ajang ini juga  menghadirkan para pemanah dari Tanjungpinang, Karimun dan Batam yang berjumlah 120 peserta . Jarak yang dipertandingkan yaitu standar nasional : 50 meter dan 70 meter.

Ada beberapa kelas yang diperlombakan seperti kelas recurve 2, compound 6, barebow 18, nasional 7 dan  junior exhibition sebanyak 57 orang.

Saat membuka acara,  Ketua Umum KONI Kepri, Usep RS sangat mengapresiasi Kejuaraan KACC 2020 di Nuvasa Bay. “Apalagi dengan tetap menggunakan protocol kesehatan Covid-19 , Semoga atlet panahan Kepri bisa berjaya di tingkat nasional,” kata Usep RS saat memberi sambutan.

Usep RS juga takjub atas hadirnya Mentri Pemuda dan Olahraga RI Zainuddin Amali.  “Luarbiasanya pembukaan Pelatihan Wasit tingkat daerah, dihadiri dan dibuka oleh Menpora RI, ini sungguh membanggakan,” kata Usep RS.

Acara gelaran pengurus Persatuan Panahan Indonesia ( Perpani ) Kepri ini , digelar dalam rangka pemetaan dan perekaman database atlet panahan Kepri. Pelaksana kegiatan ini, Abdul Razak menjelaskan even ini  diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu.

Kejuaraan ini juga bertujuan untuk melihat atau memantau atlit Kepri yang bisa berlaga di level nasional. Sabtu digelar babak kualifikasi dan Minggu babak eliminasi .

“Wasit yang memimpin adalah wasit yang sudah mengikuti pelatihan wasit, berjumlah 20 orang,” jelas Abdul Razak yang merupakan Ketua Perpani Kepri.

Razak menyebut, Pelatihan dan Sertifikasi Wasit Panahan Provinsi Kepulauan Riau, sudah digelar  Sabtu-Ahad, 21-22 Nov 2020. “Nah para wasit yang akan memimpin jalannya pertandingan merupakan  wasit (praktik) yang sudah mengikuti pelatihan wasit daerah tersebut,” jelas Razak.

Di pelatihan wasit itu sendiri, mendapatkan sertifikasi . “Karena satu wasit nasional dari Kepri , jadi pemateri ,” ujar Razak . Wasit nasional dari Kepri yang menjadi narasumber program pelatihan ini adalah national judge asal Kepri. Dia merupakan peringkat 6 pelatihan wasit nasional 2020, yaitu  Ilham Maulana.

Razak menjelaskan di ajang ini  menghadirkan wasit yang berkualitas dan bersertifikasi nasional. “Kegiatan pelatihan ini diikuti para wasit dari Batam Bintan Tanjung Pinang dan Karimun,” jelasnya lagi. (tedjo )