Ketua Umum KONI Kepri, Usep RS
Batam, Keprisatu.com – Kota Batam  telah berprestasi di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) VIII dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V tahun 2022 lalu sebagai juara Umum.
Pemerintah Kota  Batam melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Batam bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Batam merealisasikan pemberian bonus kepada seluruh atlet, pelatih, dan manager Kota Batam yang telah berprestasi di ajang tersebut.
Ketua KONI Kepri Usep RS (kanan) bersebelahan dengan Plt Ketua KONI Kota Batam Rinaldi Samjaya bersama Walikota Batam HM Rudi
Dalam acara malam apresiasi olahragawan, penyerahan penghargaan dilakukan Minggu (19/11/2023) malam, di Swiss-bell Hotel Harbour Bay, Batu Ampar, Kota Batam.
Bonus ratusan atlet, pelatih dan manager ini diserahkan langsung oleh Walikota Batam Muhammad Rudi, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, Sekda Batam Jefridin Hamid, Kadispora Batam H Zulkarnain, Ketua Umum KONI Kepri Usep RS, Plt Ketua Umum KONI Batam Rinaldi Samjaya, Ketua Pengkot POBSI Batam Masrur Amin, Ketua Pengkot IPSI Batam Hendrik dan segenap tokoh olahraga Batam.
Atlet Billiar peraih medali emas Porprov V 2023 bersama Ketua POBSI Batam, Masrul Amin/ Dok: Istimewa
Apresiasi yang diberikan Pemko Batam meningkat dibandingkan apresiasi pelaksanaan Porprov sebelumnya, dimana untuk atlet peraih emas mendapatkan Rp5 juta, sementara pelatih mendapatkan Rp6,5 juta dan manager mendapatkan Rp7 juta sementara di pelaksanaan sebelumnya peraih medali emas hanya mendapatkan Rp3,3 juta. Begitu juga peraih medali perak dan perunggu mengalami peningkatan.
“Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya buat atlet, pelatih, manager dan juga para Ketua Cabor yang sudah mengharumkan nama Batam di tingkat Provinsi dan juga tingkat yang lebih tinggi,” ungkap Walikota Batam yang juga Kepala BP Batam, Muhammad Rudi dalam sambutannya.
HM Rudi mengatakan akan mendesain Temenggung, supaya  nanti Provinsi Kepri bisa menjadi panitia PON. “Kalau ada arsitektur olahraga tolong bawa ke saya, kita akan mendesain sarana dan prasarana Temenggung Abdul Djamal,” ujarnya.
Ketua KONI Kepri Usep RS, mengapresiasi penyerahan bonus dan penghargaan untuk atlet Batam yang telah berhasil mempertahankan juara Umum di ajang Porprov V yang berlangsung di Bintan, November 2022 silam.
“Selamat atas diberikannya bonus kepada atlet, manager dan pelatih. Pemberian bonus ini diberikan untuk memberikan suntikan semangat dan gairah atlet untuk lebih berprestasi,” kata Usep RS.
Disampaikan Usep RS, bahwa atlet-atlet Batam telah berhasil mendominasi pencapaian baik di ajang Babak Kualifikasi (BK) pra  PON 2023 dan Porwil XI Riau 2023.
Walikota Batam/Kepala BP Batam HM Rudi berikan bonus dan apresiasi kepada atlet, manager, dan official/Foto: Istimewa
“Kita patut bersyukur Kepri telah meloloskan 27 cabang olahraga di PON Aceh-Sumut 2024, semoga disana mereka juga kembali mencetak prestasi,” ujar Usep RS.
Usep RS juga menegaskan dari dari 27 cabor yang lolos PON 2024, paling banyak adalah atlet dari Kota Batam. Penghargaan ini diharapkan bisa menadi motivator dan juga penyemangat para atlit  agar untuk berprestasi di masa mendatang .
Plt Ketua KONI Batam, serahkan bonus kepada atlet dan official/Foto: Istimewa
Plt Ketua Umum KONI Batam, Rinaldi Samjaya mengatakan bahwa perhatian Walikota Batam terhadap pembinaan olahraga sangat luar biasa, tidak hanya melalui pemberian bonus, tetapi menurutnya jauh dari itu seperti halnya alokasi anggaran keolahragaan.
“Saat saya pertama menjabat Plt Ketum KONI Batam saya dipanggil pak Wali (Walikota Batam, red) saya diarahkan agar segera menyerap dan mendistribusikan dana hibah olahraga untuk Cabang Olahraga (Cabor) yang ada di bawa KONI Batam. Inilah salah perhatian pak Wali,” ungkap pria yang akrap disapa Aldi ini.
Dalam sambutannya, Aldi menjelaskan bahwa raihan medali Kontingen Batam di ajang Porprov Kepri V meningkat tajam, dengan meraih 50 persen medali yang dipertandingkan dengan total 297 medali, dengan rincian 156 medali emas, 78 medali perak, 63 medali perunggu.
Raihan tersebut juga meningkat tajam dibandingkan Porprov sebelumnya, dimana kontingen Batam meraih 77 medali emas, 72 medali perak, dan 64 medali perunggu, namun tetap meraih juara umum.
“Izin melaporkan bahwa raihan medali di ajang Porprov meningkat tajam dibanding ajang Porprov sebelumnya. Dan ini mengantarkan Kota Batam kembali menjadi juara umum 8 kali berturut-turut,” terangnya.
Dominasi atlet Batam, jelas Aldi, berlanjut di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke 11 yang berlangsung di Provinsi Riau, dimana Kontingen Porwil Kepri diisi lebih dari 70 atlet Kota Batam.
Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Batam Nuryanto, Anggota DPRD Batam Hendri dan segenap Forkopimda Batam, OPD Batam, Ketua Pengkot, segenap pelatih, Pengurus KONI dan insan olahraga Kota Batam. (*)
Editor : Fajri Ramadhan