RSUD Tanjung Batu di Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun. (Dok)

Keprisatu.com- Sejak ditetapkan menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Type D, RSUD Tanjung Batu masih belum dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mempuni untuk melayani masyarakat di Pulau Kundur.

Fasilitas dan pelayanan RSUD Tanjung Batu masih sama seperti dulu ketika berstatus Puskesmas. Banyak sarana dan prasarana yang harus dilengkapi agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Karimun Djunaidi mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Karimun telah mengusulkan sarana dan prasarana medis kepada Pemerintah Provinsi Kepri.

Menurutnya, cukup banyak peralatan dan tenaga medis yang dibutuhkan untuk meningkatkan pelayanan serta fasilitas kesehatan di rumah sakit milik masyarakat Pulau Kundur itu.

“Kelengkapan yang dibutuhkan sudah diusulkan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kepri. Karena bangunannya dari Provinsi, jadi peralatan yang dibutuhkan juga kita coba minta dari Provinsi,” kata Djunaidi.

Ia mengatakan, sejumlah peralatan yang harus dilengkapi itu antara lain perlengkapan bedah, rontgen dan peralatan medis lainnya. Selain itu, RSUD Tanjung Batu itu masih membutuhkan tenaga medis profesional.

“Yang susah itu, kalaupun alatnya dibeli tapi tidak tahu mengoperasikannya. Jadi dua-duanya penting, alat dan tenaga profesional,” katanya.

Djunaidi mengatakan, usulan yang dilakukan memang secara berjenjang. Yang nantinya akan lebih memudahkan masyarakat Kundur berobat untuk layanan kesehatan dalam penyakit yang berat. Sehingga tidak perlu lagi ke Pulau Karimun, karena sudah ada RSUD yang mumpuni.

Hanya saja menurut Djunaidi, kondisi saat ini memang fasilitas dan layanan RSUD Tanjungbatu masih seperti Puskesmas.

“Tapi kan sedang berproses untuk kita lengkapi, layaknya RSUD type D,” katanya.

(Ks12)