Keprisatu.com – Danlanal Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) Letkol Laut (P) Maswedi pimpin langsung pembersihan area Danau Taman Hijau Karimun dari Tanaman Enceng Gondok, Jumat (26/2/2021).

Pembersihan area Danau itu melanjutkan kegiatan pembersihan yang sebelumnya telah dilakukan pada pekan lalu. Kegiatan itu akan berlanjut hingga area Danau tersebut kembali bersih dari tumbuhan Enceng gondok, agar Danau kembali bersih semula dan dapat dinikmati oleh masyarakat.

Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Maswedi mengatakan, pembersihan area Danau itu merupakan program Cinta Laut Bersih Pantai (CLBK) dari Lanal Tanjung Balai Karimun

“Pembersihan Enceng gondok Danau Taman Hijau ini akan kita tuntaskan. Sebelumnya, kami bersama sejumlah instansi telah melakukan pembersihan, hari ini kembali dibersihkan oleh seluruh Prajurit dan PNS Lanal TBK,” kata Letkol Maswedi, Jumat (26/2/2021).

Menurutnya, danau merupakan salah satu bentuk ekosistem perairan tawar, dan berfungsi sebagai lokasi penampungan serta menyimpan air, sehingga harus dijaga. Danau ini harus dijaga dan merupakan tugas dari seluruh elemen masyarakat, untuk  bersama- sama menjaga.

Dalam Pembersihan ini, enceng gondok diambil dari perairan danau dengan menggunakan perahu karet, dan dibawa ke tepi. Kemudian enceng gondok diangkut dengan gerobak mini, dan dinaikkan ke mobil truck. Selanjutnya truck membawa enceng gondok ke tempat pembuangan sampah di Karimun.

Dalam kegiatan tersebut, Danlanal TBK dan seluruh Personil menggunakan seragan kaos lengan panjang warna merah hitam khas Lanal TBK bertuliskan NAVY. Juga topi warna merah ada huruf T di depan topi, sebagai tanda Lanal Teladan tipe C se Indonesia yang diraih oleh Lanal TBK tahun 2020.

“Kita berencana mengadakan pembersihan Enceng gondok di Danau Taman Hijau ini secara rutin sampai benar-benar bersih,” pungkas Letkol Maswedi .(KS12)

Editor : Tedjo