Suhajar menjelaskan proses pelantikan Gubkepri saat apel pagi di kantor Gubernur Kepri, Senin (22/2/2021).
Suhajar menjelaskan proses pelantikan Gubkepri saat apel pagi di kantor Gubernur Kepri, Senin (22/2/2021). (Foto: Humas Pemprov)

Keprisatu.com – KPU Kepri sudah menetapkan pasangan H Ansar Ahmad dan Hj Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wagub Kepri terpilih. Hari ini Senin (22/2/2021) dokumen pasangan Gubkepri terpilih ini sudah masuk ke DPRD Kepri. Selanjutnya pelantikan Gubkepri, kapan ya?

Nah, Penjabat (Pj) Gubernur Kepri Sujahar Diantoro sempat menyinggung proses pelantikan Gubkepri ini. Suhajar mengatakan akan sangat tergantung seberapa cepat nanti prosesnya. Baik itu mulai dari KPU, DPRD, sampai ke Dirjen Otda Kemendagri dan kemudian ke Sekretariat Negara.

Suhajar mengaku sebagai Penjabat Gubernur,  hanya mengawal agar semua proses itu bisa berjalan baik dan aman. Sampai nantinya Kepri memiliki Gubernur dan Wakil Gubernur yang definitif.

”Kemarin pagi, Ahad (21/2/2021), KPU telah rapat pleno Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. Nah, jam 10 berkasnya akan mereka antar ke DPRD dan jam 11 akan kita terima juga. Setelah sampai di DPRD, segera rapat di Banmus untuk menentukan sidang paripurna,” ujar Suhajar. Dia menjelaskan proses pelantikan itu saat menjadi inspektur upacara Apel Pagi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, di Halaman Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Senin (22/02).

Dia menerangkan, jika Paripurna DPRD Kepri pada Selasa (23/2/2021), maka sorenya bisa langsung kirim ke Dirjen Otda Kemendagri. ”Perkiraannya pada Kamis (25/2/2021), sudah berada di meja Mendagri,” terang Suhajar.

Suhajar kemudian memperkirakan, jika pada Kamis (25/2/2021) sudah di Mendagri, maka kemungkinan Senin depan (1/3/2021) sudah di berada meja Presiden.

”Kalau sudah di meja Presiden, Senin depan, maka tinggal kita menunggu Kepresnya keluar. Kita mengikuti saja lagi arahan dari protokol Istana untuk kapan pelantikannya,” imbuh mantan Sekdaprov Kepri ini.

Ansar Tak Hadiri Pleno KPU 

Sebelumnya KPU Kepri, Ahad (21/2/2021) di Hotel CK Tanjungpinang menggelar Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri terplih.

BACA JUGA: Pleno KPU: Ansar-Marlin Resmi sebagai Pasangan Gubernur Kepri Terpilih

LIHAT JUGA: Dokumen Penetapan Gubernur Kepri Terpilih Dibawa ke DPRD

Hadir dalam pleno tersebut, Hj Marlin Agustina. Marlin datang bersama suami, H Muhammad Rudi yang juga Wali Kota Batam dan Kepala BP Batam. Hj Marlin merupakan Wakil Gubernur Kepri terpilih yang mendampingi Gubernur Kepri terpilih, H Ansar Ahmad.

Namun Ansar tidak menghadiri Rapat Pleno KPU ini. Yang nampak hanya Ketua Tim Pemenangannya, yaitu Ade Angga. (ks04)

editor: arham