Rapat Kerja Penjabat Gubernur Kepri membahas pelantikan bupati di Kepri.
Suhajar Diantoro memimpin raker menbahas pelantikan bupati di Provinsi Kepri, Sabtu (20/2/2021). (Foto: Humas Kepri)

Keprisatu.com – Penjabat Gubernur Kepri, Suhajar Diantoro mengaku saat ini salah satu fokusnya untuk pelantikan tiga bupati di Provinsi  Kepri. Yaitu, Bupati Bintan, Anambas, dan Lingga. Pelantikannya dikejar tanggal 26 Februari 2021.

Untuk diketahui. masa jabatan Bupati Bintan, Lingga, dan Anambas sudah berakhir pada Rabu (17/2/2021) lalu. Saat ini sekretaris daerah sudah menjadi pelaksana harian (Plh) di tiga daerah tersebut.

”Oleh karena itu, fokus kita pada bulan Februari ini adalah menuntaskan sampai pelantikan Bupati Bintan, Anambas, dan Lingga,” ujar Suhajar. Suhajar menyampaikan hal itu saat memimpin Rapat Kerja bersama bupati/wali kota, Ketua DPRD Kabupaten/Kota dan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri secara Virtual dari Gedung Daerah, Tanjungpinang, Sabtu (20/2/2021).

Dia juga menjelaska, untuk Bupati Karimun akan berakhir pada bulan Maret dan masih menunggu keputusan MK. Sedangkan Walikota Batam juga berakhir di Maret. Sedangkan Natuna berakhir bulan Mei.

Dari 6 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada di Kepri, Bintan, Natuna dan Anambas tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Karena itu, pleno penetapan kepala daerah di tiga daerah ini sudah terlaksana, pun paripurnanya sudah. Begitu juga usulan penetapan ke Kemendagri sudah terkirim untuk Kabupaten Bintan dan Anambas.

Selanjutnya 3 kabupaten/kota, yang masih berproses gugatan di Mahkamah Konstitusi, yakni Kota Batam, Kabupaten Lingga, dan Kabupaten Karimun. Putusan sela MK telah keluar pertengahan Februari, telah memutuskan menolak gugatan Pilkada di Batam dan Lingga, serta meneruskan pembuktian untuk Kabupaten Karimun.

Pelantikan Bupati Secara Virtual 

Dia menerangkan untuk Kabupaten Bintan dan Anambas proses sudah di meja Mendagri. Sedangkan untuk Kabupaten Lingga karena baru putusan sela Minggu ini. KPU sudah melakukan sidang pleno dan sudah ada jadwal untuk paripurna pada Senin (22/2/2021). Bila selesai sore hari, langsung kirim online kepada Mendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah.

”Menteri Dalam Negeri, berharap pelantikan serentak Bupati/Walikota yang telah selesai prosesnya dapat terlaksana sebelum Februari berakhir. Kalau tanggal 27 Sabtu dan tanggal 28 Minggu, maka kita coba kita kejar pelantikan pada Jumat (26/2/2021). Mudah mudahan Lingga, juga bisa kita kejar, sehingga 3 Kabupaten/Kota ini bisa terlantik secara serentak,” harapnya.

Namun, karena masa pandemi, pelantikan saat ini secara virtual. Kebijakan ini Kemendagri ambil untuk menghindari kerumunan, karena pemerintah berkewajiban melindungi rakyat dari penyebaran wabah Covid-19.

“Jadi penjabat gubernur akan melantik dari ibu kota Provinsi, dan Bupati/Walikota yang terpilih akan hadir di Gedung Daerah masing-masing. Pelantikan secara virtual dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yaitu undangan tidak lebih dari 25 orang,” Jelasnya. (ks04)

editor: arham

BACA JUGA: Pelantikan Gubernur Kepri, Percepat Prosesnya!