Satpol PP Bintan Utara Pemkab Bintan melakukan sosialisasi new normal kepada pelaku usaha, dan menandatangani surat persetujuan mentaati protokol kesehatan, Selasa (9/6/2020).

Keprisatu.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Bintan, tengah gencar melakukan sosialisasi new normal yakni tatanan kehidupan normal baru dengan protokol atau standar operasional prosedur (SOP) kesehatan kepada pelaku usaha.

New normal di Bintan Utara, jika tak ada halangan mulai diterapkan 15 Juni 2020 mendatang. “Pelaku usaha harus menandatangani pernyataan mentaati protokol kesehatan. Disarankan pelaku usaha menyiapkan satu karyawannya khusus bertanggung jawab protokol kesehatan,” ujar Kabid Perda Satpol PP Pemkab Bintan, Ardian Adastra yang turun langsung ke lapangan, Selasa (9/6/2020).

Setiap pelaku usaha seperti kedai kopi, lanjut Ardian, harus menyediakan tempat cuci tangan dan sabun, serta menugaskan satu orang karyawan mengawasi pengunjung yang datang agar menggunakan masker dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk tempat usaha.

Semua karyawan harus mengunakan masker dan karyawan yang bertugas sebagai pramusaji dan kasir harus menggunakan sarung tanggan dalam melayani pelanggan. Selanjutnya, mengatur jarak meja dan kursi serta mengatur jarak antrean di kasir.

Pengunjung yang datang juga harus menjaga jarak ketika berada di tempat usaha. “Apabila pelaku usaha tidak melaksanakan aturan ini, maka pihak pelaku usaha akan diberi sanksi,” tegas Ardian.(jul)