Patroli rutin KRI Yos Sudarso 353 di Laut Natuna Utara dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI, Minggu (21/6/2020).

Keprisatu.com – Menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan tanggung jawab semua warga. Kesadaran untuk bela negara inilah yang terus dikobarkan TNI Angkatan Laut (AL) kepada semua elemen bangsa, termasuk para anak buah kapal (ABK) lokal.

Upaya untuk meningkatkan kesadaran warga menjaga kedaulatan NKRI itu salah satunya dilakukan para prajurit KRI Yos Sudarso 353 dalam patroli rutin di Laut Natuna Utara, Minggu (21/6/2020). Dalam patroli itu, selain memastikan kelengkapan dokumen, keselamatan, dan kondisi kesehatan, TNI juga memberikan edukasi dan motivasi kepada para ABK mengenai pentingnya ikut serta mengamankan wilayah perairan Indonesia dengan menjadi agen-agen intelijen TNI AL di laut.

Dengan menjadi agen intelijen laut, ABK-ABK lokal bisa menginformasikan temuan dan kejadian-kejadian penting di laut. Sebab keefektifan operasi di laut, salah satunya berasal dari kontribusi informasi yang diberikan para ABK lokal, terutama mengenai keberadaan kapal-kapal ikan asing di Laut Natuna Utara.

Edukasi yang diberikan para prajurit TNI ini membuat para ABK semakin paham dan semangat untuk ikut serta dalam menjaga kedaulatan NKRI. Mereka tak takut lagi jika menemui kapal-kapal asing saat perjalanan melaut.

“Sekarang kami jadi berani untuk melaut hingga ke utara,” ujar seorang nakhoda kapal.

KRI Yos Sudarso 353 merupakan satu dari empat KRI yang disiagakan TNI AL di Laut Natuna Utara di tengah meningkatnya ketegangan Laut China Selatan. Hal ini dipicu hadirnya kekuatan angkatan laut negara-negara berkepentingan di sana. Peningkatan kesiapsiagaan itu salah satunya dilakukan dengan menggelar patroli rutin unsur KRI. (ard)

Editor : zaki