Batam

PASAR TOS 3000 Ditata, 500 Pedagangnya akan Jalani Rapid Test  

ilustrasi rapid test (internet)

Keprisatu.com – Pemerintah Kota Batam akan menata Pasar Tos 3000 pada 29 Juni mendatang. Namun sebelum hal itu terlaksana, akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu oleh jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam.

“Penataan ini kita mau betul-betul selesai.  Awalnya 22 (Juni), tapi bergeser tanggal 29 (Juni). Minggu ini adalah masa sosialisasi ke masyarakat,” kata Gustian di Batam Centre, Selasa (23/6).

Ia mengatakan lapak pedagang akan dibuat berjarak. Tujuannya agar sesuai dengan protokol kesehatan antara lain terkait physical distancing.

Menurut Gustian, penataan ini memang segera dilakukan  agar sesuai protokol kesehatan. Selain itu, nanti juga akan ditentukan satu titik sebagai jalan masuk. “Pada pintu masuk akan disediakan sarana cuci tangan.

Pengaturannya akan dilaksanakan oleh tim Dinas Perhubungan,” jelas Gustian. Menurut Gustian, saat ini, “Ada 40 pasar yang ada di Batam sudah berlakukan itu, tinggal Tos 3000 yang belum”.

Menurut Gustian, pada 29 Juni nanti sekaligus akan dilakukan pemeriksaan dengan rapid diagnosis test (RDT) terhadap pedagang. Rencananya ada 500 pedagang yang akan dirapid test.“Untuk rapid test pedagang ini tim Dinas Kesehatan yang akan melaksanakan,” ujarnya mengakhiri. (joe-mc)