Proyek Palapa Ring Barat.
Proyek Palapa Ring Barat.

Sempat Terputus, Anambas-Natuna Alami Gangguan Telekomunikasi 

Keprisatu.com – Jaringan kabel Fiber Optik (FO) milik Palapa Ring Barat sempat terputus di wilayah Kabupatan Anambas. Akibatnya akses telekomunikasi di Anambas dan Natuna sempat mengalami gangguan. Kini sedang dilakukan pengerjaan intensif untuk pemulihan agar akses telekomunikasi di dua daerah itu normal kembali.

Sebelumnya, terputusnya jaringan FO tersebut menyebabkan telekomunikasi di wilayah Anambas dan Natuna mengalami gangguan pada jalur Batam–Tarempa. Di mana jalur ini menghubungkan Kabupaten Kepulauan Anambas serta Kabupaten Kepulauan Natuna, sehingga akses telekomunikasi pada kedua wilayah ini terganggu pada 2 hingga 3 Februari 2021.

Namun kini layanan telekomunikasi tersebut telah kembali dapat digunakan dengan memanfaatkan akses jaringan Singkawang Natuna–Anambas.

Terputusnya jaringan di Kabupaten Kepulauan Anambas yang memanfaatkan segmen jaringan Natuna–Anambas membuat pertama kalinya akses telekomunikasi di Anambas mengalami gangguan. Hal tersebut terjadi akibat proyek galian pihak ketiga yang telah mengganggu kabel FO.

Direktur PT Palapa Ring Barat, Syarif Lumintarjo mengakui, hal itu bukanlah pertama kali jaringan Palapa Ring Barat terputus. Hanya saja ini baru pertama kalinya yang menyebabkan gangguan akses telekomunikasi di Anambas dan Natuna.

”Kami telah berkoordinasi dengan berbagai pihak agar pelaksanaan proses pemulihan bisa secepatnya. Saat ini masyarakat telah berangsur-angsur mendapatkan akses komunikasi melalui akses dari jaringan lain yang menjadi solusi sementara,” ungkap Syarif dalam keterangan resminya, Selasa (9/2/2021).

Menurutnya, saat ini kabel optik yang terputus sedang dalam pengerjaan pemulihan secara intensif. ”Kami juga ingin mengimbau kepada berbagai pihak yang ikut menggunakan infrastruktur Palapa Ring Barat untuk berhati-hati. Terutama dalam beraktivitas di sekitar area infrastruktur, karena kesalahan sedikit saja bisa berdampak besar bagi masyarakat,” imbuhnya.

Proyak Palapa Ring Barat.
Proyek Palapa Ring Barat.

Pemkab Pantau Pemulihan Akses Komunikasi 

Dalam pada itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Anambas, Japrizal mengatakan pihaknya dalam hal ini mewakili pemerintah kabupaten (pemkab) bersama Palapa Ring Barat terus memantau pemulihan akses Komunikasi yang sedang berjalan.

”Sangat disesalkan hal ini bisa terjadi. Tiga hari sejak Selasa tanggal 2 Februari 2021, pemerintah daerah dan masyarakat Anambas tidak mendapatkan jaringan akses telekomunikasi yang maksimal. Dampaknya kepada seluruh sektor kehidupan yang kami anggap sudah menjadi kebutuhan dasar di daerah perbatasan ini. Sekarang kita harus bisa melakukan tindakan tindakan preventif guna menghindarkan hal ini terjadi lagi di masa depan,” tuturnya.

Japrizal berharap masyarakat bisa terus mendapatkan akses internet yang layak bagi keberlangsungan kehidupan sosial dan ekonomi di Anambas.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Natuna, Raja Darmika mengatakan pihaknya peduli dan memahami bahwa terputusnya akses komunikasi beberapa hari kemarin sangat meresahkan masyarakat.

”Saya mendapat banyak keluhan langsung dari masyarakat bahwa proses belajar online, jual beli online, dan banyak aktivitas lain menjadi terhambat. Kami telah berkoordinasi dengan segala pihak agar masalah ini dapat segera diselesaikan sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa kembali,” ujarnya. (ks04)

editor: arham