Lokasi Pabrik Es milik Pemkab Bintan

Keprisatu.com – Pabrik Es milik Pemkab Kabupaten Bintan, dinilai tidak menberi keuntungan.  Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bintan, Fahrim menyatakan hal tersebut  Rabu (26/8/2020) siang melalui via telp.

Pabrik Es yang dimaksud berada di Pasar Ikan Barek Motor Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur Kebupaten Bintan Provinsi Kepri.

Fahrim  mengatakan ,”Tak lama lagi kami akan membuat regulasi dalam waktu dekat atas perintah Bupati Bintan, Apri  Sujadi,  tentang tata kelola Pabrik Es tersebut,  bagai mana agar bisa mendatanghkan PAD Pemkab Bintan”.

Masih kata Fahrim, saat ini Pabrik Es tersebut, dalam pengelolaannya tidak memberi keuntungan ke Pemkab Bintan. “Kerena laporan yang kami terima,  tidak terkejar dengan biaya operasional, seperti biaya listrik, bayar gaji karyawan, dan lain – lain,”  jelasnya.  Pabrik Es tersebut dikelola oleh Himpunan Nelayan Indonesia Kabupaten Bintan ( HNSI).

Informasi yang dihimpun,  seorang warga juga pernah menawarkan untuk mengelola pabrik tersebut dengan mengirimkan surat kepada Pemkab Bintan tanggal 2 Agustus 2020. Dalam penawarannya, akan menghasilkan Rp. 100,000,000, pertahun. Namun tidak diterima oleh pihak Pemkab Bintan.

Padahal selama ini, sudah  lebih kurang  7 tahun pabrik Es ini berjalan, namun tidak dianggap tidak memberi keuntungan ke pihak Pemkab Bintan.  Pabrik Es ini bisa menproduksi kurang lebih 15 ton perharinya, dengan penjualan 400,000 pertonya, omset perhari diperkirakan 5,6, juta perharinya. (ks05)

Editor : tedjo