Keprisatu.com – RSKI Galang mencatat tidak ada satupun pasien Covid-19 yang meninggal dunia selama dirawat. Hal ini terhitung sejak tanggal 12 April 2020 hingga 2021 selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia khususnya di Provinsi Kepri.

“Kita bersyukur tidak ada pasien Covid-19 di RSKI Galang yang meninggal dunia,” kata Kepala RSKI Galang, Kolonel Ckm dr Khairul Ikshan Nasution, Rabu (14/4/2021).

Kata Khairul, semenjak pelayanan dibuka untuk merawat pasien Covid-19, mereka menggunakan metode pendekatan kepada pasien. Hal ini dilakukan agar pasien yang dirawat tidak merasa dikucilkan, diasingkan dan lainnya.

“Kalau pasien semuanya senang dan gembira, maka imunitas mereka akan naik dan semua penyakit yang ada akan hilang,” paparnya.

Kata dia, selama setahun terakhir RSKI Galang sudah merawat pasien Covid-19 sebanyak 12505 pasien, yang positif ada 7384 orang. Sementara untuk hari ini ada 204 pasien yang dirawat, dimana yang positif ada 137 orang dan 67 orang dikarantina.

Kata Khairul, selama ini semua kebutuhan untuk di RSKI Galang masih tersedia dan aman seperti kebutuhan air bersih. Namun, pihaknya pernah meminta dokter spesialis paru dan tenaga medis ke Dinas Kesehatan Provinsi.

“Memang anggaran semuanya dari pusat. Fasilitas kita masih aman untuk kebutuhan air bersih dan sanitasi. Tapi kami pernah minta dokter spesialis paru ke Dinkes Kepri, tapi mereka belum mampu gerakan kesini,” ujarnya.

Khairul menghimbau agar masyarakat lebih waspada terhadap Covid-19. Perketat protokol kesehatan dengan cara memakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan jangan keluar rumah kalau tidak ada kepentingan.

“Saya menghimbau kepada masyarakat khususnya warga Batam, beberapa hari ini angka pasien Covid-19 meningkat. Patuhilah protkes dengan ketat, kalau kasus menurun berarti kita berhasil menangani Covid-19,” ucapnya.(KS10).

Editor : Tedjo