Jaksa Samuel Pangaribuan. Foto : Dokumentasi Pribadi

Keprisatu.com – Mario Andrethy tak menyangka pernikahan keduanya dengan sang pujaan hati, Indah Permatasari akan berujung pada permasalahan hukum dan menyeretnya ke penjara. Pernikahan kedua yang dilakukannya secara diam-diam, membuat Rizky Damelia, istri pertama, melaporkannya ke pihak kepolisian.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Batam, Mario dikenakan pasal 279 ayat (1) ke-1 KUHP. Mario diketahui telah menikah sebelumnya dengan Rizky Damelia pada 8 Agustus 2008, berdasarkan Kutipan Akta Perkawinan Nomor : 238 / 07 / VIII / 2008 yang dikeluarkan oleh KUA Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru. Namun, ia melangsungkan pernikahan kedua dengan Indah Permatasari pada Jumat, 3 April 2020 lalu, sesuai dengan Kutipan Akta Nikah Nomor : 0497 / 09 / V / 2020 yang dikeluarkan oleh KUA Kecamatan Batu Ampar, Kota Batam, sebelum bercerai dengan Rizky.

Samuel Pangaribuan, Jaksa yang menangani perkara ini mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan penyidik yang diterima oleh Kejaksaan Negeri Batam, diketahui bahwa istri pertama Mario, Rizky Damelia kembali ke Pekanbaru pada 2016 dan memilih untuk tinggal bersama ibu kandungnya dikarenakan terdakwa Mario tidak memiliki pekerjaan lagi di Batam. Selama 2 tahun, Rizky Damelia tidak pernah kembali ke Batam.

“Tapi, kalau suaminya, si terdakwa ini ada uang, dia (terdakwa) yang pulang ke Pekanbaru untuk melihat istri dan anaknya,” kata Samuel.

Dikarenakan Rizky Damelia telah pulang dan tinggal bersama orang tuanya selama lebih kurang 2 tahun, lanjut Samuel, banyak yang beranggapan terdakwa Mario telah bercerai dengan istrinya. Hingga akhirnya terdakwa bertemu dengan Indah Permatasari dan menjalin kedekatan.

“Saksi Indah ini sudah menanyakan perihal perceraian ke terdakwa sebelum mereka menikah, dan terdakwa mengaku sudah bercerai dengan istri pertamanya. Makanya, Indah ini bersedia dilamar dan menikah dengan terdakwa,” ujar Samuel.

Mario dan Indah pun melangsungkan pernikahan tanpa sepengetahuan Rizky Damelia. Tak lama, istri pertama Mario mengetahui perihal pernikahan tersebut dan langsung melaporkannya ke pihak kepolisian. Hingga saat ini, Mario masih menjalani proses hukum. “Berkas dakwaan sudah kami limpahkan ke pengadilan. Kami hanya menunggu jadwal persidangan untuk segera menyidangkan terdakwa,” tutup Samuel.(ks09)