Beranda Nasional Menwa Raden Intan Lampung Berulang Tahun ke 45

Menwa Raden Intan Lampung Berulang Tahun ke 45

Anggota Menwa Raden Inten Lampung berpose bersama
Anggota Menwa Raden Inten Lampung berpose bersama

Bandar Lampung, Keprisatu.com – Resimen Mahasiswa (Menwa) Raden Intan Lampung memperingati hari jadinya (HUT) yang ke-45 yang di selenggarakan di Rumah Edukasi Budaya Lamban Gedung Kuning (LGK) di jalan Pangeran Suhaimi, Sukarame Bandar Lampung, Senin (26/6/2023).

Dalam hari jadi Menwa Raden Intan Lampung yang ke-45 tahun 2023 mengambil tema “Konsolidasi Alumni Dan Resimen Mahasiswa Raden Intan Lampung Mewujudkan Situasi Pertahanan Keamanan Yang Kondusif Dalam Pileg dan Pilpres 2024,”

Acara tersebut dihadiri oleh Pimpinan Menwa Pusat, Gubernur Lampung  yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Anggota DPD RI Bustami Zainudin, Kapolda Lampung yang diwakili oleh Dansat Brimob Kombes Pol Wahyu, Danrem yang diwakili Kasiter Kasrem, Danbrigif, Danlanal, Danlanud Pangeran M Bunyamin, serta beberapa Bupati dan Walikota yang ada di Provinsi Lampung.

Acara juga diramaikan  lebih kurang 400 anggota Menwa Raden Intan Lampung yang aktif. Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum, mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Saya mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini, agar menjadi Forum konsolidasi dalam rangka koordinasi anggota Resimen Mahasiswa Raden Intan Lampung dalam meningkatkan Nasionalisme guna terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa yang lebih kokoh dan lebih kuat,” ujar Arinal Djunaidi.

Selanjutnya Gubernur mengatakan bahwa Resimen Mahasiswa merupakan Wadah penyalur potensi mahasiswa.

“Sebagaimana diketahui Resimen Mahasiswa merupakan Wadah penyalur potensi mahasiswa dalam partisipasi di bidang bela negara dan wawasan kebangsaan yang penuh dibina sesuai kedudukan dan ruang lingkup perannya didalam kampus, masyarakat dan negara,” ulas Arinal .

Anggota DPD RI Bustami Zainudin mengatakan bahwa Resimen Mahasiswa tidak terputus saat menjadi mahasiswa aktif.  “Menwa ini tidak terputus saat dia menjadi mahasiswa aktif, tapi setelah selesai kuliah dia lanjut ke Alumni pembinaannya,” ujar Bustami.

Lebih lanjut Bustami berharap, dengan konsolidasi dengan Suport yang ada dalam menghadapi pesta demokrasi ke depan menjadi hal yang sangat strategis.

“Untuk menghadapi pesta demokrasi kedepan ini adalah hal yang strategis, karena potensi anak bangsa yang pernah dididik di resimen mahasiswa adalah potensi-potensi yang harus dimanfaatkan oleh Negara,” tandasnya.

Komandan Resimen Mahasiswa Raden Intan Lampung AKBP Muchtar S.E., M.H.,  mengatakan, dasar dari konsolidasi sesuai undang-undang bahwa Menwa itu adalah rakyat terlatih.

“Menwa itu adalah sebagai rakyat terlatih, yang menyangkut pada pertahanan dan keamanan kemudian dilaksanakan pendidikan dengan dasar pembentukan Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) dengan harapan disamping pengabdian terhadap kampus, almamater, gerbang ilmiah, kemudian aplikasinya setelah dia selesai di kampus disiapkan untuk menjadi calon-calon pemimpin bangsa,” ucap Muchtar.

Irjen Pol (Purn) DR Hi Ike Edwin S.IK., S.H., M.H., M.M., yang merupakan alumni Menwa senior berharap kepada Menwa aktif agar jangan sampai ketinggalan.

“Saran saya Menwa yang ada sekarang jangan sampai ketinggalan, terutama ilmu, pengetahuan dan teknologi. Jangan sampai Menwa ini kekurangan ilmu, pengetahuan, teknologi dan komunikasi,” ujar Dang Ike, sapaan akrab Irjen Pol (Purn) DR Hi Ike Edwin.

Masih menurut Dang Ike, Menwa adalah manusia terdidik dan terlatih.  “Harus bersambung terus, karena Menwa adalah manusia terdidik, terlatih, yang dipersiapkan untuk menerima estafet kepemimpinan bangsa dimasa yang akan datang,” ulas Dang Ike.

Acara hari jadi Resimen Mahasiswa Raden Intan Lampung ke-45 tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur dengan usia Menwa Raden Intan Lampung yang sudah 45 tahun. (KS03)

Editor : Teguh Joko Lismanto