Airlangga Hartarto

Keprisatu.com – Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan Kemenko akan betul-betul netral selama pilkada demi menjaga kredibilitas Batam.

”Pak Menko pesan betul dalam konteks pilkada, kami akan betul-betul netral. Penting menjaga kredibilitas Batam selama pilkada,” ungkap Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, SE, ME saat konferensi pers virtual zoom, Senin (28/9/2020).

Kemenko selaku Ketua Dewan Kawasan Nasional dan Tim Teknis Batam pun cepat merespon berkembangnya polemik terkait cuti atau tidaknya calon petahana H Muhammad Rudi sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam.

”Secara aturan dan perundang-undangannya, saya tidak mengulas itu lebih dalam, sudah dikaji KPU dan Rudi sebenarnya tak perlu cuti dari BP Batam. Namun Pak Rudi berbesar hati mengajukan permohonan izin berhalangan sementara di BP Batam. Pak Menko mengapresiasi itu, lalu cepat merespon dan menyetujuinya,” tutur Susiwijono.

Bersamaan disetujuinya permohonan izin Rudi berhalangan sementara di BP Batam, Kemenko juga memutuskan menugaskan Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto untuk melaksanakan tugas dan wewenang Kepala BP Batam.

Dengan demikian Kemenko berharap pihaknya betul-betul akan netral dalam konteks pilkada Batam. Demi kepentingan menjaga kelansungan dan kredibilitas Batam sebagai kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas. (KS 04)