Mengenal sosok praktisi hukum di Batam seperti H. Toto  Sumito, SSi, SH, MH, C.L.A, menjadi bahan referensi menarik untuk disimak.

Apalagi yang ditanganinya adalah deretan kasus kasus hukum seperti advokasi Perorangan dan Perusahaan / Corporate seperti: konsultasi hukum, legal opinion/pendapat hukum, LDD/ legal audit, dan lainnya.

Berbagai persoalan hukum berhasil ditanganinya baik penyelesaian melalui jalur litigasi (Pengadilan) dan non litigasi (di luar pengadilan) serta mediasi.

Di kesempatan akhir pekan lalu, kesempatan berbincang ringan dengan H. Toto  Sumito, SSi, SH, MH, C.L.A,  di sela aktivitasnya di “KANTOR HUKUM TOTO SUMITO & REKAN” yang terletak di Kawasan MB2 Batam Center.

Berikut petikan wawancara bersama H. Toto  Sumito, SSi, SH, MH, C.L.A

  1. Assalamualaikum pak lawyer? Apa kabar?

JAWAB:  Waalaikum salam warohmatullahi wabarokatuh. Alhamdulillah baik brother, bagaimana kabar brother? Baik juga kan”.

  1. Sudah lama kita tak jumpa, apalagi di tengah pandemic ini banyak aktivitas terganggu?

JAWAB: Ya. Inilah peringatan dari Allah supaya kita sadar bahwa kita ini adalah makluknya yang lemah, tak bisa berbuat apa-apa tanpa bantuan dari Allah SWT.

  1. Boleh minta informasi sedikit pak lawyer? Kasus apa yang banyak ditangani saat ini?

JAWAB: Saat ini banyak kasus wanprestasi  dan PMH seperti kredit macet, hutang piutang, akuisisi perusahaan, legal audit perusahaan, tenaga kerja, pesangon yang tak dibayar dan banyak juga kasus pribadi seperti perceraian, pembagian harta, penipuan, penggelapan dan lainnya.

  1. Kalau kredit macet seperti apa itu pak?

JAWAB: Ada kredit angsuran perumahan, ada kredit angsuran kendaraan, ada pinjam meminjam. macam macamlah. Maklum saja kondisi memang lagi berat saat ini.

  1. Kantor Bapak ini saya lihat ada juga melayani konsultasi hukum, seperti klinik dokter saja, bagaimana itu prosesnya pak?

JAWAB: Kantor hukum ini kan adalah pelayanan jasa hukum kepada masyarakat atau perusahaan/ corporat, apa saja keluhannya InsyaA llah bisa kita berikan advis atau masukkan agar tidak terjerat dalam masalah hukum seperti:

  • Untuk kebutuhan perusahan/corporat diantaranya: Legal Drafting, pembuatan perjanjian bisnis, Legal Opini/ Pendapat hukum, Legal audit, perizinan, ketenaga kerjaan sampai ke Lingkungan hidup dll
  • Sedangkan untuk masyarakat umum seperti mulai dari masalah rumah tangga, perceraian, pembagian harta gonogini, sengketa konsumen, kredit macet, penipuan, pengelapan dan pidana lainnya.

 

  1. Berapa Advokat yang bergabung dalam kantor ini pak?

JAWAB:Ada 5 orang Advokat yg bergabung sekarang.

  1. Kalau secara umum tujuan dari Kantor Hukum ini sebenarnya ke arah mana pak?

JAWAB: Sebenarnya kantor ini bertujuan untuk memberikan pelayanan jasa hukum bagi perorangan (Person) maupun perusahaan-perusahaan (Corporates) baik melalui jalur Litigasi maupun Non Litigasi /Di luar Pengadilan, secara cepat, efektif, Profesional dan bertanggung jawab.

Prinsip utama dari Kantor Hukum kami adalah menjaga kepercayaan dan kepuasan klien. Dengan Teamwork para advokat yang tangguh, jaringan yang luas dan sarat pengalaman berkomitmen selalu siap mendidikasikan diri membantu siapa saja baik Perusahaan maupun perorangan dalam memperjuangkan hak-haknya.

KANTOR HUKUM “TOTO SUMITO & REKAN” selalu menempatkan klien sebagai mitra yang harus dijaga hak hak dan kepentingan hukumnya.

Dengan menjadi klien  kami diharapkan Perusahaan dapat mengantisipasi masalah hukum yang akan timbul dikemudian hari. Kami hadir untuk menjawab secara tuntas dinamika permasalahan hukum yang semakin komplek dan rumit  yang terjadi ditengah masyarakat modern saat ini.

Jasa hukum yang kami berikan secara professional  meliputi segala persoalan hukum baik dalam pencegahan timbulnya masalah maupun dalam penanganan masalah. Adapun jasa hukum yang akan kami berikan diantaranya adalah :

  • Pelayanan advokasi Perorangan dan Perusahaan / Corporate seperti: Konsultasi Hukum, Legal Opinion/Pendapat Hukum, LDD/ Legal Audit, , Pembuatan Perjanjian Kontrak, Perjanjian Kerja dan lain-lain.
  • Penyelesaian melalui jalur Litigasi (Pengadilan) dan Non Litigasi (diluar pengadilan) serta Mediasi.
  • Penyelesaian Kasus – Kasus Perdata seperti :
  • Sengketa Kontrak atau Perjanjian, wan Prestasi dan PMH, Pailit, Akusisi, Merger, Pengambil alihan (Take Over), Sengketa Saham/ Kepemilikan Perusahaan dll
  • Sengketa masalah Perbankan, Perbankan syariah, Masalah Perumahan dan Pertanahan (Property), Masalah Sengketa Perjanjian Umum , Masalah Klaim Asuransi, dll.
  • Penyelesaian Perlindungan Konsumen, Penanganan Kredit Macet, , Eksekusi Hak Tanggungan dan Fidusia, Sengketa Kasus Kesehatan dan Rumah Sakit dll.
  • Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial/ Ketenagakerjaan, Perikanan, Kelautan dan Perkapalan, Hak Cipta, Pariwisata dll
  • Penyelesaian kasus Perceraian, Harta gonogini, Hak Waris, Yayasan, Adopsi Anak dll.
  • Sengketa Pilkada atau Pemilu dll.
  • Penyelesaian kasus Kasus Tata usaha Negara/ TUN, Kasus Pelayanan Publik Pemerintah, Penyelesaian mengenai Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL), & Sengketa Agraria atau Pertanahan, Sengketa Pajak, dll.
  • Penyelesaian Kasus kasus Pidana seperti: Korupsi, Penyalahgunaan Narkoba, Sengketa ITE, dan tindak pidana lainnya yang diatur oleh KUHP dan UU Lainnya.
  • Pendampingan Hukum

Pendampingan Hukum adalah merupakan pelayanan dari Kantor Hukum kami, bertujuan untuk mendampingi Perusahaan/Klien dalam berbagai aktifitasnya, seperti dalam Negosiasi Bisnis, Pembuatan MOU dan Kontrak Bisnis, dan pembuatan dokumen-dokumen hukum perusahaan, pengembangan dan perluasan perusahaan, serta aktifitas-aktifitas perusahaan lainnya.

Legal Assistance Services ini sangat penting karena bisa memberikan berbagai saran terhadap setiap aktifitas perusahaan, sehingga diharapkan  dapat dicegah ataupun meminimalisir kerugian-kerugian yang tidak perlu.

Legal Assistance Services juga dapat diterapkan terhadap pribadi atau sebuah Keluarga yang mengutamakan keamanan status social, sehingga dalam aktifitas kehidupan sehari-harinya jangan sampai muncul permasalahan hukum yang menghancurkan reputasi keluarga besarnya di mata masyarakat, pendampingan biasanya terkait dalam persoalan lingkup hukum pidana sebagai saksi, korban ataupun sebagai Tersangka.

  1. Saya lihat dikantor Bapak ada juga melayani mediasi dan Legal Audit, untuk apa itu dilakukan pak?

JAWAB: Kalau mediasi kan salah satu cara penyelesaian sengketa diluar pengadilan, dimana   para pihak yang bersengketa kita damaikan atau kita carikanlah jalan keluarnya.

Sedangkan Legal Audit atau LDD (Legal due diligence) adalah istilah yang digunakan untuk kegiatan pemeriksaan secara seksama dari segi hukum yang dilakukan oleh auditor hukum terhadap suatu perusahaan atau obyek transaksi, Agar dapat mencegah kerugian dikemudian hari atas kegiatan atau transaksi yang dilakukan.

Seperti ketika pihak mau membeli perusahaan atau aset dengan nilai yang tinggi, tentunya sebelum membeli harus di periksa dulu secara aspek hukum mulai dari perusahaannya, Legalitasnya, perizinannya, aset-asetnya, perjanjian dengan pihak ketiga, hutang piutang, tenaga kerja, sampai kasusnya apa ada di pengadilan.

Audit hukum (legal audit) ini adalah pemeriksaan dari aspek hukum dan perundang-undangan, terhadap suatu Perusahaan atau lembaga, sistem, proses, dan produk dengan mengidentifikasi subyek hukum, obyek hukum, dan perbuatan hukum.

Laporan Hasil Audit Hukum  berupa laporan dari hasil audit hukum terhadap subyek hukum, harta kekayaan dan/atau utang, transaksi hukum, perbuatan hukum, atau hubungan hukum, serta berbagai permasalahan dan/atau sengketa hukum berikut penanganan dan/atau penyelesaiannya.

Hasil Audit Hukum disampaikan dalam Pendapat Hukum (Legal Opinion) untuk masing-masing materi Audit Hukum seperti:

  1. CLEAR AND CLEAN (C-C), ini berarti Tingkat Kepatuhan Hukum Tertinggi, yaitu ketentuan, prosedur, dan proses hukum telah dilalui dan dijalankan secara benar sesuai hukum, serta tidak ada pembebanan maupun permasalahan hukum yang signifikan terhadap Subyek Hukum, Obyek Hukum, dan Perbuatan Hukumnya.

 

  1. CLEAR BUT NOT CLEAN (CBNC), ini diartikan Tingkat Kepatuhan Hukum Tinggi, yaitu semua ketentuan, prosedur, dan proses hukum telah dilalui dan dijalankan secara benar sesuai hukum, namun ada pembebanan maupun permasalahan hukum yang signifikan terhadap Subyek Hukum, Obyek Hukum, dan/atau Perbuatan/ Hukumnya seperti ada hutang yang belum dibayarkan atau perusahaan masih ada kasus di Pengadilan.

 

  1. NOT CLEAR, BUT CLEAN (NCBC), Yaitu Tingkat Kepatuhan Hukum Yang Kurang Tertinggi, yaitu tidak semua ketentuan, prosedur, dan proses hukum telah dilalui dan dijalankan secara benar sesuai hukum, akan tetapi tidak ada pembebanan maupun permasalahan hukum yang signifikan terhadap Subyek Hukum, Obyek Hukum, dan/atau Perbuatan Hukumnya.

 

  1. NOT CLEAR, (NEITHER) NOT CLEAN (NCNC), Yaitu Tingkat Kepatuhan Hukum Terendah, yaitu tidak semua ketentuan, prosedur, dan proses hukum telah dilalui dan dijalankan secara benar sesuai hukum, serta ada pembebanan maupun permasalahan hukum yang signifikan terhadap Subyek Hukum, Obyek Hukum, dan/atau Perbuatan Hukumnya.

Selain itu hasil audit Hukum banyak juga digunakan oleh pebisnis untuk bernegosiasi dalam melakukan atau bertransaksi sesuatu.

Itulah sekilas yang kita lakukan di kantor Hukum ini, semoga bagi masyarakat yang membutuhkan bisa datang atau menghubungi kami di no 0811 703 576. (*)