Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

Keprisatu.com – Transmisi lokal penularan Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau memunculkan klaster baru, yakni klaster HOG Eden Park. Sejauh ini, sudah ada 26 pasien positif Corona yang terhubung dengan klaster tersebut.

Munculnya klaster HOG Eden Park, berawal dari pasien nomor 49, yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Setelah itu, yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan swab dan terkonfirmasi positif.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam kemudian melakukan tracing terhadap kontak dekat pasien 49. Hasilnya, satu keluarganya terdiri ayah dan ibu serta ketiga adik kandungnya terkinfirmasi positif.

Setelah itu, diketahui sebelumnya pasien 49 mengikuti pertemuan untuk persiapan ibadah online pada 24 April lalu. Ia bersama pendeta serta beberapa jemaat gereja lainnya hadir dalam pertemuan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan bahwa dalam pertemuan itu dihadiri oleh 15 orang.

“Semuanya telah dilakukan pemeriksaan swab, dan hasilnya ada 6 orang yang terkonfirmasi positif,” ujar Didi, Senin (1/6/2020).

Didi menduga pada pertemuan tersebut, tidak menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan tidak menggunakan hand sanitizer.

“Kemungkinan besar karena itu, tapi bisa jadi faktor lain,” katanya.

Hingga Minggu (31/5/2020), total ada 128 kasus positif Corona di Kota Batam. Dari jumlah akumulatif tersebut, terdapat 11 orang meninggal dan sembuh 47 orang.

Sumber: batamnews