Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun Eko Purwandoko.

Keprisatu.com – Pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Karimun akan dibuka pada 4-6 September mendatang. Ada beberapa aturan baru diterapkan, karena masa pandemi Covid-19 masih berlangsung. Salah satunya terkait pembatasan massa pasangan calon (paslon) saat melakukan pendaftaran.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun Eko Purwandoko mengatakan, pembukaan pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun periode 2021-2024 akan berlangsung selama 3 hari.

“Pendaftaran Calon Kepala Daerah yang akan maju di Pilkada Karimun akan dibuka pada 4 September dan berakhir 6 September mendatang. Untuk tanggal 4 dan 5 pendaftaran ditutup hingga pukul 16.00 Wib. Sedangkan untuk tanggal 6 September, pendaftaran dibuka hingga pukul 23.59 Wib,” kata Eko, Senin (31/8/2020).

Eko mengatakan, saat pendaftaran nanti pihaknya hanya akan menyediakan 50 kursi untuk massa pasangan calon Bupati dan wakil Bupati yang datang mendaftar. Melebihi jumlah tersebut, pihaknya tidak akan menerimanya.

“Kita sudah rapatkan bersama Liaison Officer (LO) pasangan calon terkait masalah ini. Jadi kita hanya menyediakan tempat duduk sebanyak 50 kursi, sehingga apabila lebih dari itu kita tidak menyediakan tempat dan akan berkoordinasi bersama aparat Kepolisian,” katanya.

Pembatasan massa Pasangan Calon itu kata Eko, bertujuan untuk mencegah terjadinya kerumunan orang di tengah Pandemi COVID-19, sekaligus untuk menciptakan situasi aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Karimun.

“Kita sudah imbau kepada LO pasangan calon untuk tidak euforia dalam pendaftaran ini dan bersama-sama menciptakan situasi aman dan kondusif di daerah kita,” katanya.

Eko menyebutkan, terkait pembatasan itu pihaknya juga telah berkoordinasi bersama aparat kepolisian untuk menjaga jalannya tahapan pendaftaran dengan lancar dan aman.

“Kita sudah berkoordinasi bersama pihak polisi. Nanti akan dijaga oleh mereka,” katanya. (KS 12)

Editor: zaki