Mantan Kapolda Kepri Komjen Pol Andap Budhi Revianto diangkat oleh Presiden RI Ir Joko Widodo menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham.

Keprisatu.com – Mantan Kapolda Kepri Komjen Pol Andap Budhi Revianto diangkat oleh Presiden RI Ir Joko Widodo menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham.

Penunjukan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 35/TPA Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kepres ini ditandatangani Presiden RI Ir Joko Widodo pada 1 Maret 2021.

Rabu (10/3/21) Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly melantik Komjen Pol Andap Budhi Revianto sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sebelumnya, Komjen Andap menduduki jabatan sebagai Inspektur Jenderal dan merangkap tugas sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen menggantikan Bambang Rantam Sariwanto yang memasuki masa pensiun.

Sementara itu, posisi Inspektur Jenderal yang ditinggalkan Andap kini ditempati oleh Razilu yang sebelumnya merupakan Staf Ahli Menkumham Bidang Ekonomi. Menkumham Yasonna mengatakan bahwa jabatan yang diamanahkan kepada Andap dan Razilu merupakan jabatan yang sangat strategis dan punya tanggung jawab yang besar.

Dimana jabatan Sekjen disebutnya sebagai motor penggerak kinerja Kemenkumham, sementara Irjen berperan melakukan pengasawan dan menjadi pengendali internal kinerja kementeriannya.

“Saya ucapkan selamat kepada Pak Andap dan Pak Razilu, semoga Saudara mampu bersinergi dan berkolaborasi menjadi motor penggerak roda Kemenkumham,” katanya.

Dijelaskannya bahwa tugas dari Komjen Pol Andap Budhi Revianto sebagai Sekjen tidak mudah. Namun dia yakin dengan pengalaman yang dimiliki, Andap bisa dipercaya untuk menjalankan tugas tersebut dengan baik.

“Saya yakin dengan pengalaman yang dimiliki, Pak Andap dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Yasonna juga mengingatkan para pejabat di Kemenkumham untuk senantiasa menunjukkan prestasi kerja. Ini disampaikannya saat memberi sambutan dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sejumlah pimpinan tinggi madya dan pratama di lingkungan Kemenkumham.

“Pada para Pimpinan Tinggi yang baru agar bekerja on the track,” pungkasnya.

Sementara itu, Komjen Pol Andap Budhi Revianto saat dihubungi mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan dan doanya.

“Saling mendoakan dalam kebaikan ya, salam hormat kami,” ujarnya. (KS14)

Editor : Tedjo