Keprisatu.com – Surau Al Hidayah di Jalan Pramuka Kelurahan Tanjungbalai Kota, Kecamatan Karimun dibobol maling, Minggu (7/3/2021) malam.

Pelaku membobol surau itu dengan cara memecahkan kaca pintu bagian belakang surau dan kemudian masuk ke dalam setelah berhasil membuka pintu.

Pelaku kemudian mengincar kotak amal surau yang tertempel di dinding. Selain itu, sebelum melakukan aksinya, diduga pelaku sudah menyiapkan peralatan untuk melancarkan aksinya.

Hal tersebut terlihat dengan aksi yang dijalankan oleh pelaku yang tergolong rapi, karena kotak amal tersebut tertempel di dinding dengan penyangga besi.

Penjaga Surau Al Hidayah, Hamik Muis (50) ketika ditemui membenarkan kejadian itu. Menurutnya, diperkirakan maling itu masuk ke surau ketika dirinya sedang keluar membeli makan saat malam hari.

“Benar, kejadiannya malam sekitar pukul 8. Saat itu saya lagi keluar sebentar pergi makan, pas kembali kotak amalnya sudah tak ada, saya cek kaca pintu belakang pecah dan berserakan,” kata Muis, Selasa (9/3/2021).

Ia mengatakan, pelaku diduga membongkar kotak amal itu menggunakan linggis, pasalnya kotak amal itu tertempel erat dengan baut.

“Sepertinya dicongkel pakai linggis soalnya kotak amalnya terbuat dari besi dan ditempelkan ke dinding pakai baut,” ujarnya.

Muis mengatakan, surau Al Hidayah tidak memiliki CCTv sehingga tidak diketahui siapa oknum yang nekat melakukan aksi tersebut.

“CCTV cuma ada di seberang jalan itu cuman sepertinya arah kameranya ke samping,” katanya.

Menurut Muis kejadian itu bukan kali pertama terjadi, namun pada tahun 2020 lalu juga pernah terjadi. Saat itu, dispenser surau berhasil diambil.

“Memang di sini tak ada CCTV, yang punya ruko seberang situ cuma arahnya ke samping tak ke depan sini jadi tak kelihatan,” ungkapnya.

Muis mengaku sudah melaporkan kejadian tersebut kepada pengurus surau.

“Kata pengurus mau dilaporkan ke polisi tapi apa sudah dilaporkan atau belum, saya tidak tahu juga,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Balai Karimun AKP Puji Puryana ketika dikonfirmasi mengaku pihaknya belum menerima laporan Surau Al Hidayah dibobol maling.

“Belum ada laporan ke saya, mungkin ke Unit Reskrim tapi ke saya belum ada laporan,” kata Puji Puryana.(KS12)

Editor : Tedjo