Bakal ada lowongan CPNS besar-besaran di 2021.
Bakal ada lowongan CPNS besar-besaran di 2021. (foto: cnbc indonesia)

Keprisatu.com – Wah, ini kabar yang cukup menggembirakan bagi para pencari kerja di masa pandemi covid-19. Pemerintah berencana membuka lowongan CPNS sebanyak 1,3 juta formasi di tahun 2021 ini.

Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Teguh Widjinarko menyebutkan, pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 1,3 juta tersebut sesuai dengan kebutuhan di berbagai institusi Pemerintah.

Kebijakan mengenai pembukaan lowongan tersebut tidak ada yang berubah. Rencananya lowongan CPNS ini akan buka pada kuartal II tahun 2021.

BACA JUGA: Perekrutan ASN Besar-besaran Awal 2021

Menurutnya, usulan kebutuhan CPNS itu sudah masuk kepada Menteri Keuangan dan Kemenkeu sudah menyetujuinya.

“Pada saat ini Kementerian PAN-RB sudah memperoleh pertimbangan teknis dari menteri keuangan. Pada intinya menteri keuangan setuju dengan usulan rencana kebutuhan ASN tahun 2021,” katanya, Selasa (9/2/2021) sebagaimana CNBC Indonesia mengutipnya.

Rincian lowongan CPNS 1,3 juta tersebut terdiri dari 1 juta guru PPPK, 189 ribu untuk Pemerintah Daerah, dan 83 ribu untuk Pemerintah Pusat.

“Kemenpan RB sampai saat ini masih menunggu pertimbangan teknis BKN. Rincian angka detailnya akan ada pengumuman kemudian,” jelasnya.

Secara umum dokumen yang perlu sebagai syarat ikut daftar CPNS sebagai berikut:

1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Transkrip Nilai
5. Pas foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar termasuk SKCK.

Jadi bagi Anda calon pelamar CPNS, ada baiknya mulai persiapkan syarat tersebut. Mana tahu Anda punya rezeki jadi CPNS. (ks04)

editor: arham