Keluarga besar Lions Clubs salurkan bantuan

Keptisatu.com – Setelah bantuan tanggap bencana di awal Januari 2021, Lions Clubs Batam kembali mengulurkan bantuan. Kali ini jumlahnya sebesar Rp. 160 juta yang digunakan  untuk bangun 4 unit rumah bagi Warga Batu Merah, Kecamatan BatuamparKota Batam, terdampak gelombang pasang tinggi.

Dana pembangunan berasal dari hasil pengumpulan donasi dari anggota Lions Batam dan Jakarta serta sahabat non anggota.

“ Lions Clubs Batam berhasil mengumpulkan dana untuk 03 unit rumah dan unit rumah ke-4 full merupakan sumbangan dari satu club dari Jakarta, yakni Lions Club Jakarta Cosmostellar,” ujar Lion Alvin Ketua Team CSR Legacy Project Lions Clubs Batam.

Alvin mengatakan pihaknya ikut prihatin atas musibah yang menimpa warga Batu Merah, dan ada satu rumah lagi yang dibangun atas hasil swadaya masyarakat disini.

Kesepakatan dalam menetapkan penerima bantuan dari Perkumpulan Lions dilakukan bersama Camat Batu Ampar, Lurah Batu Merah dan ke-9 warga terdampak.

Kegiatan pemberian bantuan tanggap bencana banjir rob ini serangkai dengan kegiatan tanggap bencana Lions Clubs ebelumnya yang telah dilaksanakan pada pertengahan Januari lalu dengan dana bantuan dari Lions International (LCIF).

“Terima kasih kepada para Donatur baik dari anggota maupun sahabat Lions atas kesetiakawanan sosial yang ditunjukan secara cepat dalam 7 hari pengumpulan telah dapat Rp 90 juta.

Angka ini ditambah dari kas sosial 5 Clubs serta tentunya pak Camat Batu Ampar dan Lurah Batu Merah yang telah sangat membantu dalam memfasilitasi dan mengkondisikan pemberian bantuan ini, sehingga dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar,” lanjut Lion Alvine.

Acara peletakan batu pertama pembangunan dilakukan berbarengan dengan Agenda Pemberian Bantuan Dana Bencana Alam dari Dinas Sosial Kota Batam secara simbolik kepada 135 KK warga Kota Batam yang terdampak bencana alam awal tabun 2021.

“Angka anggarannya sebesar Rp. 500an juta lebih dari anggaran bencana tak terduga dengan rumah rusak berat mendapat bantuan Rp 10 juta, rusak sedang Rp5 juta dan rusak ringan Rp 2.5 juta,” jelas  Kadis Sosial Kota Batam, Hasyimah Nyat Kadir.

Penyerahan Bantuan Dinsos Batam dan Peletakan batu pertama pembangunan rumah bantuan Lions dilakukan oleh Sekda Kota Batam Jefridin, mewakili Walikota Batam yang sedang berhalangan, Kadis Sosial Hasyimah, DPRD Kota Batam, Camat Batu Ampar, Tukijan, Lurah Batu Merah dan Ketua CSR.Lions Clubs Batam Alvine.

Lions Clubs International adalah organisasi global nirlaba, kini berusia 103 tahun yang keberadaannya diakui sebagai NGO terbesar oleh PBB dan beraktifitas dalam pelayanan dan pengabdian kemanusiaan serta pelestarian lingkungan hidup dengan motto WE SERVE ini telah memiliki 1,4juta anggota di 210 negara di dunia. (KS15)

Editor : Tedjo