Data update virus corona (Covid-19) Kota Batam per 2 Juli 2020.

Keprisatu.com – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam merilis lima kasus baru pasien terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19), Kamis (2/7/2020). Di antaranya seorang ibu dan anaknya laki-laki yang baru berusia 4 tahun.

Anak berinisial An.MRF tercatat kasus baru Covid-19 nomor 231 dan ibu berinisial NY.W (34) merupakan kasus baru nomor 232. Keduanya tinggal di Perumahan Kampung Belimbing, Kelurahan Sadai, Kecamatan Bengkong, Kota Batam.

Pada 26 Juni, sang ibu dan anak mendatangi Ruimkitban Kodim Batam untuk melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri guna keperluan memenuhi persyaratan penerbangan ke Bengkulu. Hasilnya reaktif.

Pihak Rumkitban memberikan edukasi kepada sang ibu untuk melaksanakan karantina mandiri di rumahnya dan tindak lanjut penanganan selanjutnya diserahkan kepada Puskesmas Sungai Panas. Keesokan harinya, 27 Juni, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Puskesmas Sungai Panas melakukan pemeriksaan RDT kedua, hasilnya tetap reaktif.

“Selanjutnya pada tanggal 29 Juni 2020 bertempat di RS Awal Bros Batam dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan yang hasilnya diketahui pada hari ini dengan terkonfirmasi positif,” sebut Ketua Gugus Tugas Covid-19 Batam, Rudi, dalam keterangan tertulisnya.

Kasus baru lainnya adalah perempuan berinisial Nn.RMR (22), tenaga kesehatan kefarmasian pada RSIA Batam Centre. Yang bersangkutan tinggal di Perumahan Komplek Aku Tahu 2, Kelurahan Sungai Panas, Kecamatan Batam Kota, merupakan kasus baru Covid-19 nomor 230.

Kemudian laki-laki berinisial Tn.H (35), karyawan perusahaan plastik di Kabil. Yang bersangkutan tinggal di Perumahan Cipta Land, Kelurahan Tiban Indah, Kecamatan Sekupang, merupakan kasus baru Covid-19 nomor 233. Tn.H merupakan rekan sekerja dari terkonfirmasi positif nomor 204 yang merupakan kasus pertama yang ditemukan dari cluster PT. FCS Kabil.

Terakhir seorang perempuan berinisial Ny. BSK (45), ibu rumah tangga yang tinggal di Kavling Senjulung, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, merupakan kasus baru Covid-19 nomor 234. Yang bersangkutan merupakan ibu kandung dari terkonfirmasi kasus nomor 215 dan 229 yang berkaitan erat dengan terkonfirmasi positif nomor 204.

“Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta sebagaimana yang kami sampaikan diatas saat ini yang bersangkutan sudah dalam masa perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang,” sebut Rudi. (KS 08)