Suasana di pintu keberangkan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepri, beberapa waktu lalu.

Keprisatu.com – Libur panjang yang berlangsung sejak Rabu (28/10) membuat arus penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim mengalami peningkatan. Jumlah penumpang yang berangkat dan datang di awal libur panjang tersebut mencapai 8.634 orang.

Dari jumlah 8.634 penumpang tersebut, sebanyak 4.135 penumpang tiba di Bandara Internasional Hang Nadim. Sedangkana untuk penumpang yang berangkat mencapai 4.499 orang.
“Jumlah penumpang mengalami kenaikan sedikit. Biasanya 2.000 penumpang yang berangkat, Rabu kemarin naik menjadi 4.000 an orang. Sepertinya masyarakat Batam banyak yang berlibur ke luar kota saat libur panjang ini,” kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Bata, Suwarso, Jumat (30/10) siang.
Suwarso menjelaskan, ribuan penumpang tersebut memiliki berbagai tujuan seperti
Jakarta, Surabaya, Pekanbaru dan lainnya. Namun, Jakarta menjadi kota yang paling banyak dituju oleh para penumpang di musim libur panjang ini. “Paling banyak berangkat ke Jakarta. Dan yang paling banyak datang juga dari Jakarta. Ke Jakarta sendiri ada 5 penerbangan dari 4 maskapai,” kata Suwarso lagi.
Menurut Suwarso, peningkatan jumlah penumpang sudah terjadi sejak Minggu (25/10) lalu. Dari data yang dimiliki, tercatat 29 pesawat yang datang ke Hang Nadim dengan jumlah penumpang sebanyak 3.292 orang dan 30 pesawat yang berangkat dengan jumlah penumpang sebanyak 3.712 orang. Sementara itu, pada Senin (26/10), tercatat 2.754 penumpang yang datang dan 3.083 penumpang yang berangkat dengan jumlah pesawat yang tiba dan terbang dari Hang Nadim sebanyak 25 pesawat.
Selain itu, lanjut Suwarso, pihaknya juga mencatat 27 pesawat yang tiba dan berangkat dari Bandara Hang Nadim dengan jumlah penumpang datang sebanyak 3/137 orang dan yang berangkat sebanyak 3.928 orang. Sedangkan, pada Kamis (29/10) tercatat 28 pesawat yang datang dan berangkat dengan jumlah penumpang datang sebanyak 3.573 orang dan berangkat sebanyak 3.799 orang.
“Dari Selasa itu, penumpang yang berangkat sudah cukup ramai. tapi puncaknya Rabu. Dan untuk arus balik liburan, diperkirakan Minggu (1/11),” kata Suwarso.
Meskipun mengalami lonjakan jumlah penumpang, namun jumlah tersebut masih sangat sedikit dibandingkan jumlah penumpang di saat sebelum pandemi Covid-19. Menurut Suwarso, jumlah penumpang di Hang Nadim saat momen libur panjang sebelum pandemi bisa mencapai belasan ribu penumpang setiap harinya.
“Dibandingkan dengan sebelum pandemi, masih sangat jauh. Tapi, kita bersyukur ada peningkatan, meskipun tidak banyak,” kata Suwarso.(aini)