Latihan menembak para Perwira Remaja AL di perairan Karimun Jawa, Selasa (18/8/2020).

Keprisatu.com – Setelah menyelesaikan tugasnya menjaga perbatasan laut di perairan Natuna Utara, KRI Yos Sudarso-353 kembali melaksanakan Operasi Komodo Jaya 20. Operasi ini membawa 32 Perwira Remaja Koarmada II lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk latihan menembak di perairan Karimun Jawa, Selasa (18/8/2020).

Sasaran latihan menembak ini adalah Pulau Gundul tak berpenghuni. Dalam latihan itu para perwira remaja menembakkan langsung 40 butir amunisi meriam 76 mm.

Komandan KRI Yos Sudarso-353, Kolonel Laut (P) Risky Prayudi mengatakan, latihan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan unsur KRI TNI AL saat melaksanakan operasi dalam rangka menguji kesiapan personel dan material.

“Perwira remaja yang melaksanakan on job training kami siapkan agar bukan hanya pernah mendengar dan melihat apa yang nantinya mereka kerjakan. Tetapi juga mampu dan paham dengan memberikan kepercayaan kepada para perwira remaja untuk melakukan penembakan dan kegiatan lainnya” ujarnya.

Seorang perwira remaja, Letda Laut (P) Aryan Dwi Cahyo mengaku bangga mendapatkan kesempatan untuk menembakkan meriam 76 mm dalam latihan tersebut. “Kami dilatih oleh ABK KRI yang profesional serta dibimbing senior yang peduli. Hasilnya, kami mampu dan paham tugas kami nantinya,” ujarnya.

KRI YOS-353 melaksanakan latihan penembakan bersama dengan KRI Diponegoro-365 (sigma class), sesama unsur operasi Komodo Jaya 20 dengan Komandan Letkol Laut (P) Lewis Nogot Nainggolan. Kedua unsur ini dalam waktu dekat akan disiapkan untuk mendukung Latihan Operasi Laut Gabungan (Latopslagab) TNI Angkatan Laut. (KS 07)

Editor : zaki