Lagoi dan Nongsa Point Siap-Siap Terima Turis
Gubernur Ansar mengoordinasikan rencana pembukaan kawasan Lagoi Bintan dan Nongsa Point Batam untuk turis mancanegara, Sabtu (13/3/2021). (Foto: Humas Kepri).

Keprisatu.com – Dua kawasan wisata khusus di Provinsi Kepri kini sedang siap-siap untuk menerima kunjungan turis mancanegara. Kawasan khusus itu adalah Lagoi di Kabupaten Bintan dan Nongsa Point Marina di Batam.

Gubernur Kepri dan Wagub Kepri, H Ansar Ahmad dan Hj Marlin Agustina menargetkan kedua kawasan khusus ini sudah terbuka untuk turis per 21 April 2021. Berbagai persiapan terutama terkait protokol kesehatan sedang pemprov Kepri gesa supaya turis yang akan masuk merasa aman dan nyaman.

Ansar bersama Marlin bahkan sudah merapatkan rencana ini, Sabtu (13/3/2021) di Batam, bersama sejumlah pihak terkait. Bertempat di Graha Kepri, Batam, saat itu hadir juga Ketua DRPD Kepri Jumaga Nadeak, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, Kapolda Kepri Irjend Pol Aris Budiman, Kajati Kepri Hari Setiyono, Danlantamal IV Laksamana Pertama Indarto Budiarto, Kepala Staf Kogabwilhan I Syafrudin, Kepala OPD Provinsi Kepri, dan juga Sekdako Batam Jefridin.

Persiapannya mulai dengan vaksinasi. Akhir pekan depan, Gubernur Ansar memastikan pelaku pariwisata di kedua kawasan ini akan menerima suntikan vaksin. Tahap awal 2.200 vial, dari stok vaksin regular. Selanjutnya menunggu pengajuan ke pusat melalui Kementerian Kesehatan yang saat ini masih dalam proses.

Pemberian vaksin akan prioritas pula kepada masyarakat di sekitar kedua kawasan. ”Ini semua dalam upaya kembali reaktivasi sektor pariwisata,” imbuh Ansar.

BACA BERITA LAIN:

Gubernur Ansar Lantik Rudi dan Amsakar, Dijadwal Senin

Dua Kawasan Wisata di Kepri Bakal Buka untuk Turis

Kepri Segera Tertibkan Kapal Asing

Berkomunikasi dengan Singapura 

Di Lagoi, Bintan, meski ada 15 hotel, namun baru 4 (empat) hotel yang akan buka. Kawasan ini juga sudah menyiapkan perangkat Swab PCR. Meski sudah tersedia, tapi kemungkinan cukup menggunakan Gnose yang terbukti efektif mendeteksi virus corona.

Gubernur Ansar menyebutkan, ada delapan GNose C19. Penggunaan GNose ini mendapat sambutan baik bagi mereka yang ingin berkunjung ke Kepri. Selain caranya yang mudah, juga biayanya yang murah.

”Secara umum mereka sangat siap. Mudah-mudahan langkah ini, menjadi awal yang baik mengembalikan Kepri sebagai daerah tujuan wisata. Sehingga perekonomian Kepri terus meningkat dan kembali mencapai pertumbuhan yang tinggi, di mana kasus penyebaran Covid-19 bisa terus tertekan,” kata Gubernur Ansar.

Selain itu, Gubernur Ansar juga mengaku akan terus berkomunikasi dengan Singapura. Termasuk berupaya untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat, yang juga melakukan perbincangan secara government to government. Diperkirakan, mulai 21 April 2021, kedua kawasan sudah siap menerima wisatawan mancanegara. (ks04)

editor: arham