Kumulatif positif corona di Kepri sudah mendekati 11 ribu.
Ilustrasi

Keprisatu.com – Kumulatif konfirmasi positif corona di Provinsi Kepri sejak pandemi sudah mendekati 11 ribu. Dari angka itu kini ada lebih dari 1.000 kasus aktif.

Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Kepri Provinsi Kepri dengan Ketua Harian DR. H. T.S. Arif Fadillah melaporkan pertambahan positif harian yang cukup tinggi. Pada tanggal 28 April 2021, Satgas melaporkan tambahan positif harian sebanyak 105 kasus baru.

Kumulatif positif corona di Kepri sejak pandemi sudah mencapai angka 10.942 kasus. Dengan sebaran, sembuh 9.627 kasus, kasus aktif sebanyak 1.055 orang, dan meninggal sebanyak 260 kasus.

Sejauh ini, Batam masih mencatat pertambahan positif harian yang tinggi. Pada 28 April 2021, Batam bertambah 65 kasus, Tanjungpinang 29 kasus, dan Bintan 2 kasus. Kemudian Karimun pertambahannya juga cukup tinggi sebanyak 8 kasus dan Lingga bertambah 1 kasus.

Kota Batam sendiri saat ini kumulatif positif corona sudah melebihi angka 7 ribu kasus, tepatnya 7.155 kasus. Sementara Tanjungpinang kumulatif positif sudah 2 ribu lebih, rincinya 2.059 kasus. Bintan sendiri sudah menuju kumulatif di angka seribu, yaitu 910. Karimun sudah mendekati angka 500 kasus, rinciannya 477 kasus.

Sesuai peta zonasi risiko nasional, Batam, Tanjungpinang, dan Bintan saat ini berada di zona oranye (risiko sedang). Sedangkan Karimun, Lingga, Natuna, dan Anambas berada di zona kuning (risiko rendah) untuk penularan corona.

Warga Terus Diimbau Terapkan Protokol Kesehatan  

Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad, SE, MM, tak henti-hentinya mengimbau warga Kepri secara umum untuk menerapkan protokol kesehatan. Berkali-kali Ansar menyampaikan agar semuanya jangan kendor sedikitpun sebelum wabah ini berakhir. Ketika mulai melandai, jangan juga melonggarkan protokol kesehatan.

Saat ini, Kepri pun sedang gencar-gencarnya melaksanakan vaksinasi. Gubernur pun menekankan pentingnya masyarakat untuk vaksin, terutama warga lanjut usia. Malah untuk mempercepat program ini, Kepri membuat pusat vaksinasi untuk lansia.

Gubernur Ansar juga menyampaikan bahwa Pemprov Kepri telah mempersiapkan diri terhadap peak season menyambut Idul Fitri di pertengahan Mei nanti.

“Di area-area publik terutama di pelabuhan-pelabuhan telah kita siapkan tim satgas. Juga karena fluktuasi kasus positif di Kepri terutama berasal dari kepulangan PMI, kita juga telah membentuk tim Satgas Khusus Penanganan Covid-19 Perlintasan Provinsi Kepri/Pemulangan PMI,” ujar Gubernur Ansar. (ks04)

BACA JUGA BERITA:

Tokoh Mandailing Juga Protes Kamus Sejarah Indonesia

Wakil Gubernur, Dewan, dan PNS Bakal Tiap Hari Colok Hidung?

Politeknik Industri Bakal Berdiri di Galang Batang Bintan