Ketua KPU Karimun Eko Purwondoko

Keprisatu.com – Sidang gugatan sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Karimun akan digelar kembali Jumat (5/2/2021) mendatang. Segala persiapan telah dilakukan KPU sebagai pihak termohon untuk menyanggah segala tuduhan dari lawannya.

Seperti diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengesahkan gugatan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut 02 Iskandarsyah- Anwar Abubakar dan menetapkan KPU Karimun sebagai pihak termohon dalam sidang tersebut.

“Yang jelas kami sudah siapkan jawaban untuk tanggal 5 itu (sidang ke 2 di MK). Dan kami akan menyampaikan apa yang akan disampaikan dalam persidangan sebagai pihak termohon,” kata Ketua KPU Karimun Eko Purwondoko, Rabu (3/2/2021).

KPU Karimun, diketahui juga telah menerima salinan permohonan dan telah mempelajarinya, serta menyiapkan alat bukti.

“Jauh hari sudah kita siapkan,” kata Eko.

Selain menyiapkan alat bukti, pihaknya juga menyiapkan saksi apabila diperlukan dan ahli, serta menyusun kronologi atas objek atau substansi permohonan.

“Nanti pada sidang itu akan ada 6 kuasa hukum kita yang mendampingi. Yang pastinya kita optimis dengan jawaban nanti, untuk membantah tuduhan-tuduhan yang diberikan,” katanya

Eko mengaku, dalam sidang kedua sengketa Pilkada Karimun, dirinya berhalangan hadir dan akan diwakilkan oleh komisioner lainnya.

“Saya berhalangan hadir dan akan diwakilkan komisioner lainnya,” katanya.

Sebelumnya, Sidang perdana gugatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karimun tahun 2020 baru saja selesai digelar di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Sidang Gugatan Pilkada Karimun itu digelar bersamaan dengan 3 perkara sengketa Pilkada dari Kota Batam, Kabupaten Lingga dan Provinsi Kepri. Sidang itu dipimpin langsung oleh Hakim Andri dengan dua orang hakim anggota.

Turut hadir dalam kegiatan itu juga, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut 2, Iskandarsyah- Anwar Abubakar beserta Tim Kuasa Hukumnya.

Sidang perdana gugatan Pilkada Karimun, Kepri 2020 ini khusus pemeriksaan keabsahan dokumen dan barang bukti serta saksi dari pemohon yakni pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Karimun Nomor Urut 2, Iskandarsyah-Anwar Abubakar.

Dalam sidang yang disiarkan secara langsung itu, Majelis Hakim menetapkan Gugatan Paslon Bersinar disahkan dan akan disidangkan kembali pada Jumat (5/2/2021) mendatang.(KS12)

Editor : Joko